Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara menjaga kesehatan ginjal adalah salah satu dari sekian banyak cara dan tips yang perlu diketahui oleh kita semua dalam rangka memelihara kesehatan jasmani dan organ-organ tubuh kita sendiri. Karena ginjal adalah adalah organ yang penting dalam mengatur sistem metabolik tubuh sehingga kesehatan ginjal perlu dijaga dan dipelihara dengan baik agar ginjal dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan optimal.

Tips menjaga kesehatan ginjal adalah juga salah satu jalan untuk mencegah terjadinya penyakit gagal ginjal yang bisa terjadi pada siapapun. Karena manfaat ginjal bagi tubuh juga banyak.

Ginjal adalah bagian dari salah satu organ yang terdapat dalam tubuh yang memiliki peranan penting bagi kehidupan kita. Kerja ginjal sebagai pembersih darah yang membuang zat berbahaya yang terdapat dalam darah yang mengalir dalam tubuh. Jika ginjal mengalami kerusakan tentunya darah yang telah tercampur dengan racun ataupun zat berbahaya yang seharusnya dapat tersaring melalui ginjal dan membuangnya melalui buang air kecil tidak dapat dilakukan oleh ginjal karena ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau mengalami gangguan kesehatan pada ginjal.

Tips Kiat Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ada beberapa cara kiat menjaga kesehatan ginjal pada diri kita yaitu :

Banyak Minum Air Putih.
Dengan kita menkonsumsi dan juga banyak minum air putih hal tersebut akan membantu dan meringankan kerja dan fungsi ginjal itu sendiri. Zat berbahaya yang terdapat dalam darah tentunya akan mudah larut dalam air yang untuk selanjutnya dibuang melalui air seni. bila kita kurang dalam jumlah air putih yang dikonsumsi maka kondisi seperti ini tentunya ginjal akan bekerja lebih berat lagi dalam melakukan proses penyaringan zat berbahaya karena tidak dibantu dengan pelarutan yang seharusnya dilakukan oleh air. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah hal yang penting untuk kita semuanya.

Menjaga Kadar Gula Darah.
Kita ketahui bahwasannya penyakit gula atau kita kenal dengan penyakit Diabetes Mellitus DM adalah merupakan salah satu dari faktor resiko timbulnya penyakit ginjal. Untuk itu bagi yang mempunyai penyakit gula ini menjaga kesehatan ginjal dengan menjaga kadar gula darah dalam keadaan normal adalah merupakan keharusan untuk mencegah terjadinya gangguan dalam fungsi ginjal kita. Berikut adalah data yang diperoleh dari Indonesian Renal Registry (IRR) pada tahun 2010, bahwa diabetes telah menyumbang 25 persen penyebab penyakit ginjal di Indonesia.

Menjaga Tekanan Darah.
Kita harus berusaha untuk menjaga serta mengontrol tekanan darah pada diri kita. Apalagi yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Karena selain sebagai faktor resiko terjadi penyakit ginjal baik penyakit gagal ginjal kronis atau pun penyakit gagal ginjal akut, hipertensi ini jyga merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakit stroke pada diri seseorang.

Tidak Minum Obat Sembarangan.
Kalau kita memang membutuhkan obat untuk menyembuhkan tanda gejala pesuatu penyakit maka kita harus pastikan bahwa kita telah berkonsultasi dengan pihak medis dan dokter dalam hal pemberian obat yang kita konsumsi. Karena obat adalah pada dasarnya adalah zat kimia dan zat asing yang dapat membuat beban kerja ginjal menjadi berat. Lihat cara pemakaian dan dosis yang tepat jangan sampai berlebihan.

Olahraga dan Beraktifitas.
Dua hal yang harus kita jalankan dalam rangka dan usaha menjaga kesehatan ginjal secara alami dan sehat juga. Manfaat dari olahraga diantaranya yaitu menjaga aliran darah menjadi tetap dan lebih lancar sehingga seluruh darah yang dipompa oleh jantung dapat tersaring oleh ginjal sebagai pemprosesan pembuangan zat berbahaya yang terdapat dalam darah yang dilakukan ginjal akan berjalan dengan baik pula.

Mengurangi Konsumsi Garam Berlebihan.
Garam atupun sodium merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan tentunya akan menimbulkan gangguan terhadap kesehatan seperti ginjal ini. Kandungan jenis mineral yang terdapat pada garam dan sodium yang berlebihan akan dapat membentuk kristal-kristal garam yang memicu batu ginjal. Selain itu garam berlebihan juga bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi melalui proses dalam tubuh.

Menjalankan Pola Hidup dan Pola Makan Sehat.
Mencegah penyakit ginjal bisa kita mulai lakukan dengan kita menjalankan berbagai pola hidup sehat dan juga pola makan yang sehat pula. Dengan mengkonsumsi makanan sehat serta bergizi tinggi tentunya membantu memberikan tubuh antioksidan untuk menangkal segala racun maupun radikal bebas yang terdapat dalam darah. Dengan adanya antioksidan melalui makanan yang kita konsumsi tentunya akan lebih meringankan kerja dari ginjal itu sendiri.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan menjaga kesehatan ginjal kita sendiri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Menjaga Kesehatan Ginjal

0 komentar:

Post a Comment