Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Tips Pola Makan Sehat

Tips Pola Makan Sehat - Sebagai salah satu wujud kita dalam rangka mensyukuri nikmat sehat dari Allah Ta'ala adalah dengan menerapkan hidup sehat dalam kehidupan kita sehari-hari. Setelah kita mengetahui akan apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat maka pada kesempatan kali ini pula portal kesehatan akan mencoba sharing tentang bagaimana kita bisa menerapkan tips pola makan sehat ini dalam berbagai segi kehidupan kita.

Kesibukan pekerjaan kita seringkali membuat pola makan kita menjadi tidak sehat. Karena pola makan yang tidak sehat pun akan bisa mempengaruhi kesehatan diri kita. Berbagai macam jenis penyakit karena pola makan yang kurang baik juga bisa menghantui kita. Diantaranya adalah penyakit maag (lambung) yang kerapkali di alami kita. Untuk itulah kita perlu mengetahui pola makan sehat agar bisa terbebas dari penyakit lambung / maag.

Sejak kecil kita mungkin ingat akan slogan empat sehat lima sempurna. Karena memang sedari kecil ketika kita duduk di bangku TK (Taman Kanak-Kanak) kita sudah dikenalkan dengan slogan 4 sehat 5 sempurna tersebut apalagi yang dulu teringat adalah tamabahan susunya.

pola makan sehat tips pola makan sehat, Portal Kesehatan

Berikut beberapa tips yang dapat kita lakukan agar pola makan kita sehat dan juga baik. Diantara beberapa tips pola makan sehat adalah :
  1. Makan pagi cukup roti dan susu. Sedikit karbohidrat saja. Hindari makan kenyang di pagi hari karena akan membuat kita mengantuk. Jika kita makan terlalu kenyang di pagi hari, energi yang seharusnya digunakan untuk kita beraktifitas malah habis digunakan untuk mengolah makanan yang berada di lambung. Tetapi sepertinya tips ini cocok kalau digunakan di kota-kota besar. Karena bila didaerah kalau belum sarapan pakai nasi serasa belum sarapan.
  2. 3 jam setelah makan pagi, makan makanan ringan seperti roti. Setiap 3 jam, perut pasti merasa lapar. Hal ini terjadi karena proses awal dari mengolah makanan di lambung telah selesai dengan pengolahan makanan sarapan pagi kita.
  3. Makan siang, silahkan makan lengkap. Setelah beraktifitas setengah hari penuh maka untuk makan siang ini kita memang dianjurkan makan yang lengkap dengan nasi, lauk pauk dan sayur mayur. Yang harus diingat adalah berhenti makan sebelum kita kenyang.
  4. Sore hari, ba’da ashar, Boleh kita makan – makanan ringan lagi. Snack sore seperti kolak, bubur kacang hijau, atau mungkin buah – buahan bisa jadi pilihan bagi kita saat senja hari mulai datang..
  5. Malam, makan lengkap. Lebih baik lagi adalah bila kita memulai makan malam kita 3 jam sebelum mamasuki dari waktu tidur kita, agar sebelum tidur makanan telah selesai dicerna dan tidak mengganggu tidur kita..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Tips Pola Makan Sehat

1 komentar:

  1. Waduh. pada berat semua ya, makan harus teratur. saya aja makan kalau udah laper bener. saya biasakan deh sob.... terima kasih entrinya :)

    ReplyDelete