Marhaban Ya Ramadhan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Mohon Maaf Lahir Batin

Kehamilan

Tips Kesehatan

Info Kesehatan

Latest Release

Penyebab stress karena pekerjaan di tempat kerja atau di kantor dan tanda ciri gejala stress tentunya tidak sedikit dialami oleh para pegawai karyawan dalam menjalankan pekerjaan sehari-harinya di tempat kerjanya masing-masing.

Pekerjaan di kantor yang memang tidak ada habisnya ditambah dengan tekanan beban pekerjaan atau dikejar target deadline adalah merupakan salah satu dari penyebab stres karena pekerjaan di kantor.

Stress adalah merupakan bukan yang termasuk di dalam jenis penyakit, namun jika tidak cepat mencari cara mengatasi stress akibat kerja tersebut akan dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Jika stress yang kita alami adalah bersumber dari pekerjaan atau tempat kerja. Stress yang sumbernya adalah karena pekerjaan atau tempat kerja bisa dihindari dan diatasi. Ini penting agar produktivitas kita sebagai pegawai atau pun karyawan untuk perusahaan atau instansi tempat kita bekerja tidak dirugikan.

Tanda gejala stres karena pekerjaan dapat diketahui dan dikenali oleh kita diantaranya adalah antara lain kurang konsentrasi, timbul ketegangan dan kecemasan dalam bekerja, perubahan suasana hati, cepat emosi oleh karena hal-hal yang kecil di dalam kantor dan sebagainya.

Terkadang pemicu stress di kantor tidak hanya datang dari atasan kita, rekan kerja kita, atau pun bahkan oleh karena lingkungan kantor.

Masalah bisa juga datang dari diri Anda sendiri, ditambah rasa bosan terhadap kegiatan yang dilakukan secara berulang setiap hari.

Salah satu kebiasaan seperti menunda pekerjaan, bukan hanya berakibat pekerjaan jadi menumpuk atau jadwal kerja menjadi padat. Sehingga seseorang merasa stres dan lelah di kantor.

Cara Tips Mengatasi Stres Di Kantor

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress akibat kerja, antara lain adalah sebagai berikut :

Memahami Tugas, Kewajiban, Dan Fungsi Kita Di Kantor

Ketika kita diangkat menjadi karyawan sebuah perusahaan atau instansi karena mereka membutuhkan kita. Mereka menggaji kita untuk itu, bukan karena hal yang lain. Oleh karena itu, kita sebagai karyawan pegawai harus memahami sepenuhnya apa sebenarnya tugas, kewajiban, dan fungsi kita bagi perusahaan tempat kita bekerja.

Bekerja lebih dari tugas, kewajiban dan tanggung jawab kita adalah hal yang bagus untuk perusahaan atau tempat bekerja, akan tetapi sesuaikanlah dengan kemampuan diri kita masing-masing. Jangan mengorbankan diri secara berlebihan.

Makan Sehat

Makan makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan akan menghindarkan diri kita dari stres. Sayur-sayuran terutama sayuran hijau mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan produksi neurotransmitter, yang mana hal tersebut akan mampu membantu mencegah bahkan meredakan stres, dan meningkatkan mood kita dalam bekerja.

Selain itu, makan pada waktu yang tepat juga dapat membantu kita dalam meredakan stres atau bahkan depresi karena kerja.

Mendengarkan Musik

Disela-sela pekerjaan, dengarkanlah musik favorit kita dengan menggunakan earphone agar tidak mengganggu teman kerja lainnya di dalam kantor atau pun tempat kita bekerja.

Hal ini akan membantu kita untuk menjadi lebih rileks dan santai dalam menjalai pekerjaan dan tentunya mengurangi tingkat stres. Selain itu, musik juga dapat membuat mood kita menjadi lebih baik.

Bekerja Sama Dan Toleransi Dengan Rekan Kerja

Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa kita masing-masing sebagai orang dan individu adalah merupakan pribadi yang unik.

Contoh mudahnya adalah bila beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pahami dulu bagaimana cara kita bekerja, apakah harus dibawah tekanan atau pun dalam keadaan relax kita bisa bekerja dengan baik.

Cukup Istirahat Tidur Dan Teratur

Tidur adalah waktu ketika seseorang mengisi ulang otak dan tubuh. Karenanya, kualitas dan jumlah tidur yang didapatkan akan mempengaruhi suasana hati, tingkat energi, konsentrasi dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Untuk itu penting juga kita memperhatikan akan kualitas kuantitas tidur yang baik untuk kesehatan. Karena dengan istirahat yang cukup akan sangat mendukung kita bekerja dengan baik dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita sehari-hari.

Berpikir Positif

Jika Anda diberikan banyak pekerjaan oleh atasan, berpikirlah bahwa atasan Anda mempercayai dan menganggap Anda memiliki kemampuan yang lebih. Dan jika Anda mendapat kritikan dari atasan ataupun rekan kerja, anggap saja mereka peduli dengan Anda dan berharap Anda dapat menjadi orang yang lebih baik lagi.

Dengan selalu berpikir positif dalam menanggapi segala sesuatu, pikiran Anda akan jauh lebih tenang dan terjauh dari rasa stres.


Melakukan Aktifitas Yang Ringan

Cara mengatasi stres kerjaan salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas ringan seperti berjalan santai untuk sekedar mencari udara segar. Terlalu lama bekerja dalam ruangan dapat menimbulkan kebosanan yang dapat memicu stress.

Karena mendapatkan udara yang lebih segar dibandingkan ketika berada dalam ruangan akan membuat tubuh semakin rileks dan merupakan salah satu cara mengatasi tekanan kerja yang efektif. Sehingga ketika kembali ke tempat kerja, tubuh akan fresh untuk kembali melanjutkan pekerjaan.

Menjadi Diri Kita Sendiri

Stress di tempat kerja juga dapat diakibatkan oleh rasa keterpaksaan. Sebagai karyawan mungkin sulit untuk menolak pekerjaan yang diberikan oleh atasan. Tetapi jika memungkinkan untuk menolak jika pekerjaan tidak sesuai dengan diri kita, maka lebih baik menolaknya.

Menjadi diri sendiri merupakan salah satu cara menangani tekanan kerja yang dapat dilakukan. Karena melakukan sesuatu dalam keterpaksaan atau tidak sesuai dengan apa yang kita bisa lakukan dapat pula menimbulkan stress.
Manfaat pemberian ASI membantu perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan anak terbukti pada beberapa penelitian terkait dengan manfaat pemberian ASI bagi bayi dan anak.

Manfaat ASI bagi kecerdasan bayi juga diungkapkan pada penelitian McGill University di Kanada yang dari hasil riset mereka menyimpulkan bahwa bayi yang mengkonsumsi meminum Air Susu Ibu menunjukkan hasil tes IQ yang lebih baik pada usia enam tahun seperti informasi yang dilansir edukasi.kompas.com.

Kandungan zat gizi nutrisi yang terdapat pada ASI ini ada tiga zat penting yang berkaitan dengan perkembangan otak dan kecerdasan anak dan bayi, yaitu asam lemak decosahexaenoic acid (DHA) dan arachidonic acid (AA), serta laktosa.

Baik DHA dan AA telah terbukti dapat membantu meningkatkan penglihatan dan beberapa respon motorik pada bayi dan batita. Sedangkan kandungan laktosa, yang merupakan golongan karbohidrat, memproduksi zat galaktolipid yang berperan penting dalam perkembangan sistem saraf pusat bayi dan anak.

Selain itu kandungan ASI seperti asam lemak dan bioaktif lainnya disinyalir sebagai komponen yang paling mempengaruhi dalam perkembangan mental anak.

Hormon leptin, yang ditemukan dalam ASI, diketahui memberi efek positif pada beberapa bagian otak seperti hipokampus, hipotalamus, kelenjar pituitari dan adrenal. Efek positif ini diketahui mampu menurunkan kadar stress pada bayi

Manfaat ASI Bagi Kecerdasan Anak

Manfaat ASI Eksklusif


ASI Eksklusif adalah pemberian ASI (air susu ibu) sedini mungkin setelah persalinan, diberikan tanpa jadwal dan tidak diberi makanan lain, walaupun hanya air putih,sampai bayi berumur 6 bulan.

Setelah 6 bulan, bayi mulai dikenalkan dengan makanan lain dan tetap diberi ASI sampai bayi berumur dua tahun.

Hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan kecerdasan bayi yang dapat meningkatkan perkembangan sistem saraf yang lebih baik telah ditunjukkan pada sejumlah penelitian. Salah satunya, penelitian yang dilakukan oleh Horwoord dkk.

Studi ini membuktikan pemberian ASI eksklusif berkaitan dengan kecerdasan anak pada usia 7-8 tahun, terutama kecerdasan verbal atau kemampuan untuk memahami atau menggunakan bahasa (verbal IQ), dan performance IQ atau kemampuan memahami dan memecahkan masalah sehari-hari selain bahasa, seperti mengerjakan persoalan fisika dan matematika.

Horwoord mencatat bahwa pemberian ASI eksklusif pada anak yang diteruskan hingga usia 8 bulan atau lebih memiliki skor verbal IQ rata-rata 10,2 poin lebih tinggi, dan performance IQ rata-rata 6,2 poin lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak mendapat ASI.

Penelitian lain dilakukan oleh Morrow Tlucak M dkk pada sejumlah anak berusia 2 tahun yang mendapat ASI selama kurang dari 4 bulan, menunjukkan skor perkembangan kognitif yang lebih tinggi 3,7 poin dibandingkan anak yang tidak mendapat ASI.

Sedangkan pemberian ASI eksklusif lebih dari empat bulan menunjukkan skor perkembangan kognitif lebih tinggi 9,1 poin. Kedua hasil ini menunjukkan adanya kaitan antara lamanya pemberian ASI eksklusif dan kecerdasan anak di kemudian hari

Di samping itu pemberian air susu ibu (ASI) dalam jangka lebih lama berhubungan dengan peningkatan kecerdasan, pembelajaran yang lebih panjang, dan pendapatan lebih tinggi saat dewasa, menurut hasil studi yang disiarkan jurnal The Lancet Global Health.

Setelah mengikuti perkembangan 3.500 bayi baru lahir selama 30 tahun, Horta dan koleganya menemukan bukti pertama bahwa memperpanjang pemberian ASI tidak hanya meningkatkan kecerdasan sampai usia setidaknya 30 tahun, tapi juga berdampak pada tingkat individual dan sosial lewat perbaikan pencapaian pendidikan dan pendapatan.

Manfaat ASI Eksklusif Untuk Kecerdasan Anak height=

Untuk itulah pentingnya juga mengenal dan memahami akan Manfaat Nutrisi Gizi Vitamin Bagi Kesehatan Dan Kecerdasan Anak yang keduanya saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.

Kandungan manfaat Air susu ibu (ASI) telah lama diketahui sebagai nutrisi terbaik secara kualitas dan kuantitas pada saat masa lompatan pertumbuhan otak yang terjadi dari 0 sampai 6 bulan seorang bayi.

Air Susu Ibu mengandung nutrisi yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain long chain polyunsaturated fatty acid (DHA dan AA) untuk pertumbuhan otak dan retina.

Inilah juga termasuk di dalam perbedaan pemberian ASI dan Susu Formula pula.

Juga mengandung kolesterol untuk myelinisASI jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, serta koline yang mungkin meningkatkan memori.

Selain untuk perkembangan otak, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan juga bagus untuk mempersiapkan sistem pencernaan bayi.

Pemberian ASI ekslusif jangka panjang tampaknya memperbaiki perkembangan kognitif anak-anak dan juga Menurut analisa riset, beragam asam lemak yang terkandung dalam ASI diyakini mampu meningkatkan kecerdasan.

Selain itu, aspek fisik dan emosional dalam proses menyusui dapat menciptakan perubahan permanen pada perkembangan otak anak.
Tips cara kiat sehat menjalankan puasa baik puasa sunnah maupun puasa wajib di bulan Ramadhan adalah merupakan salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian dalam rangka menjalankan kewajiban berpuasa ramadhan.

Karena memang persiapan fisik dalam hal kesehatan penting dalam menjalani puasa ramadan selama 1 bulan penuh, selain memang mengetahui dan memahami akan syarat rukun wajib sunnah dan hal-hal yang membatalkan puasa agar bisa mencapai keberkahan dan keutamaan serta kemuliaan berpuasa di bulan suci ramadhan.

Kewajiban berpuasa Ramadhan adalah tercantum di dalam Al Quran Surat Al-Baqarah 183 yang artinya :"Wahai orang-orang yang beriman ! Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu, supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa."

Makanan sehat di dalam Islam sangatlah penting untuk menjadi perhatian kita selaku Umat Muslim. Dalam hal ini meliputi bukan hanya pada persoalan hukum halal atau haram makanan, tetapi kualitas (kandungan gizi) dan efek kesehatan makanan terhadap tubuh itu sendiri.

Banyak godaan yang akan terjadi saat kita melaksanakan puasa, mulai nafsu makan sampai nafsu yang memacu birahi, tetapi kita harus tetap menahannya agar puasa yang kita jalankan tidak sia-sia.

Saat puasa di bulan ramadhan bukan berarti kita harus mengurangi aktifitas kita sehari-hari. Kita masih bisa beraktivitas seperti biasa, asalkan dapat mengatur pola makan kita di saat sahur dan berbuka.

Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan

Berikut beberapa cara agar tubuh tetap sehat saat berpuasa antara lain adalah sebagai berikut :

Meluruskan Niat Berpuasa

Ketika kita akan menjalani puasa baik puasa sunnah maupun puasa wajib di bulan Ramadhan, maka satu hal yang penting dan harus diprioritaskan adalah menjaga niat kita berpuasa.

Tujuan berpuasa adalah mendapatkan dan meraih derajat ketakwaan serta juga mendapatkan keridhoan Allah Ta'ala. Janganlah berpuasa ramadhan hanya sekedar ikut-ikutan saja. Karena di dalam Islam banyak keutamaan hikmah puasa Ramadhan itu sendiri.

Gembira Menyambut Dan Menjalankan Puasa Ramadhan

Karena kegembiraan dalam rangka menyambut Ramadhan ini adalah modal utama bagi jiwa dan psikologi kita. Dengan kita merasakan perasaan gembira maka epinefrin tereduksi, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh dalam hal ini akan lebih kuat menjalankan ibadah puasa ramadhan itu sendiri.

Makan Sahur

Agama Islam ini adalah agama yang mulia. Dibalik disunahkan bersahur banyak hikmah serta manfaatnya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda dan diriwayatkan oleh Anas, ia berkata: "Rasulullah SAW pernah bersabda : "Bersahurlah kamu, karena sesunhguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan." (HR.Bukhari).

Sahur merupakan saat di mana kita dapat memasok energi untuk beraktivitas dari pagi hingga petang nanti. Walau begitu, jangan makan berlebihan. Fokuslah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, buah atau sayuran, dan minum banyak air. Karena memang ini adalah maksud tujuan manfaat makan sahur ketika kita akan berpuasa.

Berbuka Dan Makan Bertahap

Jika waktu berbuka telah tiba, berbukalah dengan yang manis-manis seperti kurma, susu, ataupun jus buah. Hindari langsung mengkonsumsi banyak makanan. Sebab, ini hanya akan membuat perut terasa penuh karena selama berpuasa lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang.

Setelah salat magrib, baru lanjutkan dengan makan secukupnya.

Berbuka dengan yang manis dan disunnahkan dengan kurma. Rasulullah shallallahu ;alaihi wa sallam bersabda :"Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air karena dia adalah bersih." (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud ).

Menghindari Makanan Fast Food

Tips sehat menjalankan puasa selanjutnya adalah menghindari makanan fast food. Selain sebagai salah satu makanan penyebab penyakit jantung, makanan fast food atau makanan cepat saji ini sangat tidak baik sekali jika disajikan sebagai menu makan sahur atau berbuka karena dapat menyebabkan gangguan dalam pencernaan, nyeri di ulu hati dan masalah berat badan.

Mengonsumsi Air Putih Yang Cukup

Untuk mengembalikan cairan yang mungkin terkuras setelah seharian berpuasa tentu tubuh akan mengalami dehidrasi. Maka dari itu ketika berbuka puasa dan sahur minumlah air yang banyak, selain menghindari dehidrasi ketika siang hari pada saat berpuasa, juga bisa memulihkan energi dalam tubuh.

Tips-Tips Puasa Sehat Ala Rasulullah


Ada beberapa cara berpuasa sehat seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW seperti yang terdapat pada sebuah buku Sehat Holistik karya Briliantoro agar kita tetap bisa sehat dan tetap beraktivitas seperti biasa antara lain :

Luruskan niat puasa hanya mengharap ridha Allah SWT semata. Lalu yang kedua adalah makan sahur dekat pada waktu imsak dan segerakan buka puasa pada waktu adzan Magrib.

Atur pola makan dengan baik, idealnya 50 persen pada sahur, 10 persen pada waktu buka puasa dan 40 persen setelah shalat tarawih merupakan poin ketiganya. Yang keempat adalah selalu usahakan makan makanan yang seimbang kadar kalori, nutrisi dan karbohidrat.
Penyebab tanda gejala pencetus serangan asma perlu diwaspadai oleh orang-orang yang menderita penyakit saluran pernafasan semacam penyakit asma ini.

Penyakit Asma adalah merupakan salah satu dari penyakit yang menyerang saluran pernafasan dan mengakibatkan terjadinya penyempitan saluran pernafasan sulit bernafas.

Penyakit asma merupakan penyakit yang mengganggu saluran pernapasan manusia serta paru-paru atau bisa disebut juga dengan sesak napas. Penyakit asma tergolong penyakit kronis apabila secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama sehingga seseorang atau penderita mengalami kesulitan untuk bernapas.

Ketika penderita mengalami serangan asma, hal ini pertanda bahwa telah terjadi pembengkakan pada saluran pernapasan yang menyebabkan dinding pada bagian dalam dari saluran pernapasan membengkak.

Penyebab Penyakit Asma


Penyebab asma belum diketahui secara pasti hal-hal yang bisa menimbulkan dan menyebabkan terjadinya Penyakit Asma (Asthma) atau Asma Bronchiale. Telah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli di bidang asma untuk menerangkan sebab terjadinya asma, namun belum satu pun teori atau hipotesis yanga dapat diterima atau disepakati semua para ahli

Penyebab Pemicu Asma

Hanya saja seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat asma berisiko tinggi mengalami gangguan pernapasan tersebut. Jika salah satu orangtua menderita asma maka kemungkinan besar anaknya akan menderita asma pula. Namun, asma bukanlah penyakit menular melainkan penyakit turunan.

Serangan asma bisa terjadi dengan menunjukkan gejala perlahan-lahan atau terjadi secara tiba-tiba. Agar asma tidak kambuh, penderita sebaiknya menghindari segala hal-hal yang bisa memicu terjadinya asma.

Pada penderita asma, penyempitan saluran pernafasan merupakan respon terhadap rangsangan yang pada paru-paru normal tidak akan mempengaruhi saluran pernafasan.

Pemicu Pencetus Asma


Serangan asma adalah suatu reaksi terhadap pemicu (allergen). Hal ini mirip dengan banyak cara untuk membuat reaksi alergi. Reaksi alergi merupakan respon oleh sistem kekebalan tubuh, dimana bila sel-sel dari sistem kekebalan tubuh terserang, mereka memicu serangkaian reaksi yang membantu melawan serangan tersebut, respon inilah yang akhirnya menyebabkan gejala serangan asma.

Penyempitan saluran pernafasan pada asma semacam ini dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan olahraga.

Faktor makanan juga bisa menyebabkan dan memicu kambuhnya asma. Asma juga bisa dicetuskan oleh beberapa makanan seperti junk food yang tinggi kadar MSG dan pengawetnya, minuman dingin atau es, coklat dan kacang yang mengandung alergen.

Udara yang dingin juga bisa mengakibatkan dan juga memicu kambuhnya asma. Kondisi asma bisa memburuk bila berada pada di ruangan dingin atau di daerah pegunungan yang bersuhu dingin.

Faktor emosional stres serta juga kekacauan emosional juga bisa mengakibatkan kambuhnya asma. Adanya perasaan tidak menyenangkan membuat beban pikiran dan tekanan mental yang akhirnya berimbas pada saluran pernapasan seseorang

Pada suatu serangan asma, otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena adanya peradangan dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara.

Pemicu Pencetus Tanda Gejala Asma

Tanda gejala asma antara lain yang dirasakan oleh para penderitanya adalah nafas menjadi pendek, timbul gejala batuk-batuk dan terdengar bunyi mengi saat terjadinya serangan asma yang kambuh. Atau di dunia kesehatan dikenal dengan istilah wheezing atau bunyi khas penyakit asma.

Ciri-ciri gejala asma lainnya antara lain adalah sebagai berikut :

Sesak Nafas Sulit Bernafas

Gejala serangan penyakit asma berikutnya adalah rasa sulit ketika bernafas, jika seseorang dalam menjalankan aktivitas atau secara tiba-tiba merasa sulit bernafas bisa saja mengindikasikan bahwa seseorang mengidap penyakit asma.

Nyeri Bagian Dada

Nyeri dada selain merupakan salah satu tanda gejala penyakit jantung koroner, hal ini juga merupakan bagian dari salahsatu gejala penyakit asma, biasanya berupa perasaan tekanan dan perasaan berat pada dada, jika hal ini terjadi segera periksakan diri ke tenaga medis dokter.

Batuk Terus-Menerus

Gejala serangan penyakit asma selanjutnya adalah batuk secara terus-menerus yang mengakibatkan napas menjadi pendek, meskipun banyak orang yang belum tahu tetapi gejala ini perlu diwaspadai karena bisa saja merupakan salah satu ciri seseorang sakit asma.