Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Penyebab Ibu Hamil Sering Pusing Sakit Kepala

Keluhan sering pusing saat hamil seringkali terjadi dan dialami oleh para ibu hamil di dalam masa kehamilan selama 9 bulan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab ibu hamil pusing ketika dalam masa kehamilannya yang perlu diketahui juga oleh para ibu-ibu hamil.

Dalam masa kehamilan, perubahan hormon seringkali terjadi di dalam tubuh seorang ibu hamil. Jadi mungkin ada beberapa hal dan juga merupakan sebuah konsekuensi yang tak diinginkan dari perubahan hormon tersebut. Diantaranya, adalah keluhan sering pusing dan pingsan selama kehamilan.

Perubahan-perubahan yang terjadi pada masa kehamilan juga sebagian besar oleh karena adanya perubahan hormonal yang ada dan sedang terjadi di dalam tubuh seorang ibu hamil.

Sering Pusing Sakit Kepala Saat Hamil


Ketika hamil, sistem kardiovaskular mengalami perubahan dramatis seperti halnya detak jantung naik, jantung memompa lebih banyak darah per menit dan jumlah darah dalam tubuh bertambah sebesar 40 hingga 45 persen.

Selama kehamilan normal, tekanan darah secara bertahap berkurang pada awalnya dan mencapai titik terendah di tengah-tengah masa kehamilan. Kemudian mulai naik, kembali ke tingkat regulernya pada akhir kehamilan ataupun trimester ketiga kehamilan.

Pada umumnya sistem kardiovaskular dan sistem syaraf mampu menyesuaikan diri dengan semua perubahan ini, tetapi kadang-kadang mereka tidak mampu. Ketidakmampuan itu dapat membuat wanita hamil merasa pusing atau bahkan pingsan.

Penyebab Ibu Hamil Sering Merasakan Pusing Sakit Kepala

Penyebab Rasa Pusing Pada Wanita Hamil


Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan wanita hamil menjadi npusing dan sakit kepala. Berikut beberapa penyebab utama pusing ibu hamil seperti yang dilansir dari media BabyCenter dan juga healthmeup.com antara lain adalah sebagai berikut :

Melebarnya Pembuluh Darah

Perubahan hormon yang terjadi saat wanita hamil mampu melebarkan pembuluh darah. Sehingga tubuh akan mengalirkan lebih banyak darah ke bayi yang berada di dalam kandungan.

Sistem kardiovaskular dan detak jantung ibu hamil akan meningkat. Darah yang dipompa pun bisa meningkat hingga 50%. Akibatnya, tak jarang para ibu hamil pun sering merasa pusing.

Berdiri Terlalu Cepat

Ketika seseorang duduk, darah cenderung berkumpul di kaki dan kaki bagian bawah. Ketika seseorang tiba-tiba berdiri, maka darah yang kembali dari kaki ke jantung tidak cukup banyak. Akibatnya, tekanan darah tiba-tiba turun, menyebabkan pusing karena jumlah darah dan oksigen di dalam otak tidak mencukupi.

Salah satu cara untuk menghindari pingsan selama kehamilan adalah dengan menghindari berdiri tiba-tiba, dan meloncat dari kursi atau tempat tidur. Ketika berbaring, duduk perlahan-lahan dan duduk selama beberapa menit dengan kaki menjuntai di sisi tempat tidur atau sofa. Lalu perlahan-lahan bangkit dari duduk untuk berdiri.

Penyebab Rasa Pusing Pada Wanita Hamil


Meningkatnya Aliran Darah Ke Janin Dalam Kandungan

Meningkatkan aliran darah ke bayi yang berada di dalam kandungan ibu hamil maka hal ini berarti pula bahwa tekanan darah ibu hamil akan menurun.

Sebenarnya sistem kardiovaskular dan saraf sudah bersiap dengan hal ini, namun ada saat dimana aliran darah ke otak juga tidak mencukupi sehingga membuat ibu hamil sering pusing dan pingsan.

Tidak Cukup Makan dan Minum

Banyak wanita hamil cenderung merasa mual karena 'morning sickness', sehingga mereka malas untuk makan atau minum. Hal itu dapat menyebabkan gula darah rendah dan mengakibatkan pusing atau pingsan selama kehamilan.

Selama kehamilan, terdapat peningkatan kebutuhan gizi dan oksigen dalam tubuh, dengan demikian, nutrisi yang tidak memadai dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan anak.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan pusing atau pingsan. Pastikan wanita hamil tetap sehat, dan terhindar dari hidrasi dengan meminum delapan hingga sepuluh gelas air per hari, terlebih jika sedang olahraga atau merasa panas.

Cobalah untuk menjaga gula darah agar tidak terlalu rendah dengan makan makanan kecil. Bawalah makanan ringan yang sehat sehingga bisa segera makan ketika merasa lapar.

Anemia

Anemia merupakan masalah umum pada kebanyakan wanita hamil. Anemia menyebabkan penurunan sel darah merah untuk membawa oksigen ke otak dan organ-organ lain. Hal ini menimbulkan perasaan pening dan pusing. Untuk itulah pentingnya asupan nutrisi gizi bagi ibu hamil yang tercukupi dan terpenuhi dengan baik pula.

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum anemia, jadi pastikan untuk memakan makanan yang kaya zat besi dan konsumsi vitamin dengan zat besi dan multivitamin, terutama dalam trimester kedua dan ketiga.

Rendahnya Kadar Gula Dalam Darah

Perubahan sistem metabolisme yang juga terjadi saat hamil mampu menurunkan gula darah wanita hamil.Dan hal ini bisa berdampak dan berpengaruh pada ibu hamil dengan timbulnya rasa pusing ketika masa kehamilan.

Itulah beberapa penyebab munculnya rasa pusing saat sedang hamil. Terjadinya hal ini adalah wajar sehingga para ibu hamil tidak perlu panik dan meminum banyak obat pusing yang malah mampu membahayakan kesehatan kandungan.

Pemeriksaan Kesehatan Kehamilan juga penting dalam rangka menjaga kesehatan kehamilan dan janin. Maka lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin kepada tenaga kesehatan yang tersedia dan berkompeten dalam hal ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Penyebab Ibu Hamil Sering Pusing Sakit Kepala

0 komentar:

Post a Comment