Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Mengenal Anemia

Mengenal Anemia - Mengenal Anemia Anak Sebagai orang tua tentunya kita menginginkan kesehatan anak-anak kita adalah salah satu dari sekian banyak prioritas utama dan penting dalam kehidupan kita. Karena memang kesehatan anak adalah bagian terpenting dalam kehidupan sebuah rumah tangga agar kehidupan dalam berumah tangga bisa berjalan dengan baik dan juga menyehatkan.

Salah satu yang perlu untuk diwaspadai orang tua adalah penyakit anemia anak ini dari sekian banyak jenis penyakit yang bisa menimpa anak-anak kita. Untuk lebih mengerti akan anemia anak dan tanda anemia anak maka kita juga perlu mengetahui akan pengertian anemia itu sendiri. Jadi pengertian anemia adalah suatu keadaan dimana jumlah sel darah merah yang menurun , atau kandungan hemoglobin di dalam darah lebih sedikit dibandingkan dengan normalnya. Anemia bukan suatu penyakit akan tetapi merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh suatu kondisi tertentu. Pada dasarnya, anemia bisa disebabkan karena produksi sel darah merah yang menurun, pengeluaran yang meningkat ataupun kedua-duanya. Anemia bisa terjadi pada siapapun baik pria maupun wanita, dewasa ataupun anak-anak.

Mengenal Anemia Dan Tanda Anemia Anak

Menurut WHO (World Health Organization) anemia pada anak bisa berdampak kepada terganggunya pertumbuhan serta perkembangan anak tersebut. Hal ini karena aktirifas yang dibutuhkan dalam tahap perkembangan serta pertumbuhannya tidak terpenuhi dengan baik karena energi tubuhnya yang berkurang dan berbeda dengan anak seusianya yang tidak mendapat anemia. Anemia pada anak bisa menyebabkan daya tangkap sang anak yang berkurang sehingga mengakibatkan menurunnya tingkat intelegensia anak dan kurang bergairah dalam melakukan aktivitas seperti anak pada umumnya. Dan tentunya pula akan berpengaruh kepada tingkat kesehatan pada anak-anak.

Menurut data dari WHO yang dikeluarkan sekitar tahun 1993-2005, prevalensi anemia pada anak usia pra sekolah ( 0-5 tahun ) adalah sebesar 47.4% sedangkan di Asia Tenggara mencapai 65.5% yaitu sekitar 115.3 juta anak menderita anemia. Hal ini merupakan angka yang cukup besar, karena jika mengacu pada data WHO, maka lebih dari setengah anak usia pra sekolah di Asia Tenggara termasuk Indonesia, terkena anemia. Maka lumayan tinggi pula kejadian dan angka anemia bayi dan anak di Indonesia ini.

Lalu bagaimana orang tua bisa mengenali akan tanda gejala bila anemia ini menimpa buah hati kita tercinta. Untuk mengetahui dan juga mengenali akan tanda gejala anemia anak maka berikut ini beberapa ciri anemia yang bisa dikenali :
  1. Anak terlihat lemah, letih, lesu. hal ini karena oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh berkurang karena media transportnya (HB) kurang sehingga tentunya yang membuat energi berkurang dan dampaknya adalah 3L, lemah letih lesu.
  2. Mata berkunang-kunang. Hampir sama prosesnya dengan yang diatas, karena darah yang membawa oksigen berkurang, aliran darah serta oksigen ke otak berukrang pula dan berdampak kepada indera penglihatan dengan pandangan mata yang berkunang-kunang.
  3. Menurunnya daya pikir, akibatnya sulit berkonsentrasi.
  4. Daya tahan tubuh menurun yang ditandai dengan mudahnya terserang sakit.
  5. Pada tingkat lanjut atau anemia yang berat maka anak bisa menunjukkan tanda-tanda sesak napas, detak jantung cepat, dan bengkak di tangan dan kaki. .
Setelah kita mengenal akan beberapa tanda anemia, lalu bagaimana pula orang tua mencegah adanya anemia pada anak ini. Berikut adalah beberapa cara tips mencegah anemia pada anak yang bisa dilakukan oleh para orang tua dan diantaranya yaitu :
  1. Para ibu sebaiknya tetap memberikan asi ekslusif paling tidak selama 6 bulan dan diteruskan dengan pemberian ASI sampai dengan anak berusia 2 tahun.
  2. Bila anak telah diberikan makanan tambahan (MP ASI) makanan pendamping ASI maka sebagai orang tua kita harus bisa membiasakan memberikan pola makan sehat dan juga pola makanan seimbang disertai makanan yang mengandung zat besi. Makanan yang mengandung zat besi contohnya adalah seperti halnya kuning telur, kentang, tomat , bayam, daging hewan yang berwarna merah, hati ayam. Hal ini akan lebih baik lagi jika ditambah dengan konsumsi vitamin C, karena Vitamin C membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.
  3. Membiasakan pola hidup sehat dan bersih, serta memperhatikan kebersihan makanan agar terhindar dari infeksi parasit. Infeksi parasit seperti cacing dapat mengakibatkan anemia pada anak.
Semoga pula dengan kita mengenal akan anemia pada anak dan tanda anemia pada anak serta juga bagaimana cara mencegah anemia bayi anak ini akan bisa meningkatkan derajat kehidupan yang sehat bagi anak-anak kita sehingga nantinya pertumbuhan serta perkembangan anak bisa berjalan dengan baik dan juga sehat sehingga pada akhirnya akan bisa mencetak generasi-generasi penerus bangsa yang sehat dan juga cerdas pada masa depan demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia kita yang tercinta ini.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Mengenal Anemia

0 komentar:

Post a Comment