Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Pemeriksaan Ibu Hamil

Kehamilan bagi setiap ibu tentunya akan membahagiakan dan menyenangkan bila memang kehamilan tersebut direncanakan dengan baik dan harapan agar mempunyai buah hati anak keturunan dalam keluarganya. Tidak jarang kita jumpai keluarga yang sekian tahun mengharapkan kehadiran anak dalam lingkungan keluarganya sehingga menempuh berbagai cara tips cepat hamil baik itu dilakukan dengan cara medis atau pun cara yang lainnya agar bisa hamil dan memperoleh keturunan.

Manfaat Cara Pemeriksaan Kehamilan

Bersyukur bila kehamilan telah datang dan diamanahi oleh Tuhan seorang janin dalam kandungannya. Sehingga sebagai wujud rasa syukur kita kepadaNya maka kita wajib menjaga kesehatan kehamilan kita. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan pemeriksaan kehamilan. Pemeriksaan ibu hamil ini penting dari mulai awal kehamilan sampai dengan trimester ke 3 sampai mendekati hari persalinan bagi sang ibu dan juga sang calon buah hati.

Tujuan Pemeriksaan Kehamilan ada beberapa hal dan diantaranya yaitu :
  1. Menjaga dan mempertahankan kesehatan sang ibu baik dari kesehatan fisik dan juga mentalnya.
  2. Mengawasi dan memonitor kesehatan ibu dan calon buah hati agar bila nanti sampai pada masa persalinannya bisa terjaga dan juga proses kelahirannya berjalan dengan lancar.
  3. Mendeteksi serta memberikan penanganan secara dini bila didapatkan adanya kelainan dan komplikasi dalam kehamilan bila ditemukan pada saat melakukan pemeriksaan kesehatan ibu hamil sehingga dampak negatif bisa diminimalisasi sebaik mungkin.
  4. Mendapatkan kesehatan yang optimal bagi sang ibu hamil dan bayinya.
Pemeriksaan kehamilan ini pula bila di dalam dunia kesehatan dikenal dengan istilah ANC (Ante Natal Care) Pengertian antenatal care ini adalah kunjungan ibu hamil dengan tenaga kesehatan untuk mendapatkan pelayanan ANC sesuai standar yang ditetapkan. Istilah kunjungan disini tidak hanya mengandung arti bahwa ibu hamil yang berkunjung ke fasilitas pelayanan, tetapi adalah setiap kontak tenaga kesehatan baik diposyandu, pondok bersalin desa, kunjungan rumah dengan ibu hamil tidak memberikan pelayanan ANC sesuai dengan standar dapat dianggap sebagai kunjungan ibu hamil.

Manfaat pemeriksaan kehamilan juga bisa kita dapatkan proses pemeriksaan kehamilan itu sendiri akan bisa memonitoring secara keseluruhan keadaan kesehatan, kondisi ibu hamil dan juga janinnya. Dengan pemeriksaan kehamilan kita dapat mengetahui perkembangan kehamilan, tingkat kesehatan kandungan, kondisi janin, dan bahkan penyakit atau kelainan pada kandungan yang diharapkan dapat dilakukan penanganan secara dini.

Beberapa hal yang dilakukan tenaga kesehatan pada saat memeriksakan kesehatan ibu hamil yaitu :
  1. Anamnese. Anamnese adalah wawancara antara tenaga kesehatan dan ibu hamil tatkala melakukan pemeriksaan kehamilan untuk mengetahui keluhan serta juga kondisi terakhir kehamilannya.
  2. Pemeriksaan Fisik. Pemeriksaan ini meliputi dari tekanan darah, berat badan, tinggi fundus uteri (puncak rahim), detak denyut janin dan pemeriksaan fisik menyeluruh.
  3. Pemeriksaan USG. Pemeriksaan ultrasonografi berguna dan bertujuan untuk mendeteksi kelainan bawaan janin, jumlah janin, pergerakan jantung janin, lokasi plasenta secara lebih lengkap dengan alat modern yang bisa memantau lebih jelas keadaan dalam kandungan dengan lebih jelas dan detail lagi yang mana dalam pemeriksaan luar tidak bisa dilakukan.
Lalu kapan saat yang tepat kita lakukan pemeriksaan kehamilan ini. Merujuk dari WHO sangat menyarankan waktu periksa ibu hamil agar ibu hamil tersebut melakukan pemeriksaan kehamilan setiap 4 minggu sekali dari saat pemeriksaan kehamilan pertama kali hingga usia kehamilan 28 minggu, setiap 2 minggu sekali dari usia kehamilan 28-36 minggu dan setiap satu minggu sekali dari usia kehamilan 36 minggu hingga waktunya melahirkan.

Semoga dengan memeriksakan kehamilan secara teratur kesehatan ibu hamil dan janin akan bisa lebih terjada dan sehat sampai dengan proses kelahirannya nanti.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Pemeriksaan Ibu Hamil

1 komentar:

  1. Datang sini nak mengucapkan Selamat Tahun baru 2013....semoga persahabatan kita kekal berkekalan

    ReplyDelete