Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Tips Cara Mengatasi Menopause

Menghadapi menopause memang pada pertama kalinya tentu tidak mudah bagi para wanita yang mengalaminya. Karena banyak perubahan yang terjadi pada wanita ketika menopause ini mulai berjalan fasenya dalam kehidupan seorang wanita. Perubahan wanita menopause ini karena berkaitan dengan perubahan hormonal yang memang alami ketika seorang perempuan telah menginjak usia 51 tahun ke atas. Maka bagi para perempuan sebaiknya mengetahui akan tips atasi menopause ini sehat dan alami juga.

Seperti yang pernah dibahas pada artikel sebelum ini yaitu mengenai tanda gejala menopause bahwa pengertian menopause adalah merupakan akhir periode menstruasi pada seorang wanita, tetapi seorang wanita tidak diperhitungkan post menopause sampai wanita tersebut telah 1 tahun mengalami amenorrhea (tidak menstruasi). Menopause membuat berakhirnya fase reproduksi pada kehidupan wanita. itulah definisi serta arti dari menopause ini.

Cara mengatasi Menopause

Perubahan hormon dalam tubuh ini mengakibatkan kemunculan tanda gejala menopause seperti sakit sendi dan sakit punggung, pengeringan vagina, sering mengalami buang air, banyak adanya gangguan mood dan emosi yang tinggi sehingga akan menyebabkan stress, tapi ini juga mengakibatkan penurunan tingkat estrogen meningkat kecenderungan tekanan darah. Dalam jangka panjang keluhan karena menurunnya tingkat estrogen dapat menyebabkan osteoporosis, penyakit jantung koroner, Alzheimer jenis demensia, stroke.

Ada beberapa cara mengatasi menopause ini yaitu dengan melakukan beberapa hal sepert berikut ini :
  1. Berolahraga. Olahraga ringan akan membantu seorang wanita dalam menghadapi masa-masa transisi berhentinya siklus menstruasi ini dengan sehat. Karena terjadi dalam usia yang tidak muda lagi maka olahraga ringan selama 30 menit akan cukup memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.
  2. Sabar Dan Tenang. Karena hal ini merupakan sebuah proses fisiologis maka penting untuk bisa menanamkan kesabaran dan ketenangan dalam menerima kenyataan menyikapi perubahan yang terjadi dalam masa menopause ini. Karena bagaimana pun, berhentinya masa haid ini pasti akan terjadi. Hal ini membutuhkan dukungan support anggota keluarga yang lain dalam menghadapi sikap wanita yang menopause.
  3. Mengkonsumsi Makanan Sehat. Karena menjalankan pola makan sehat adalah bagian dari pencegahan menopause dini juga pada wanita. Disarankan untuk banyak makanan yang bersumber dari kedelai yang banyak kandungan phytoestrogen. Contohnya adalah gandum, tahu, dan tempe. Phytoestrogen ini bermanfaat untuk membantu dan mengatasi penurunan hormon estrogen pada perempuan yang cukup signifikan ketka masa ini berlangsung.
  4. Banyak Mengkonsumsi Antioksidan. Karena makanan yang banyak mengandung antioksidan ini bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga bersifat mengusir racun dari dalam tubuh dan menunda tanda-tanda penuaan.
  5. Menghindari berbagai macam jenis minuman seperti kafein, kopi, alkohol, minuman bersoda, rempah-rempah dan makanan berlemak
Demikian tadi beberapa kiat sehat menghadapi menopause yang bisa dilakukan dalam rangka menjalani masa-masa menopause yang pasti terjadi pada tiap wanita bila telah tiba masanya nanti.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Tips Cara Mengatasi Menopause

0 komentar:

Post a Comment