Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Memandikan Bayi

Memandikan Bayi - Mandi adalah sebuah aktifitas untuk membersihkan tubuh dan juga memberikan kesegaran bagi bagi setiap orang. Termasuk juga aktifitas mandi bagi sang anak / bayi. Maka dalam hal memandikan bayi ada banyak aktifitas yang menyenangkan serta menstimulasi berbagai kecerdasan dan keterampilan serta mengenalkan berbagai hal yang baru bayi sang bayi.

Beragam cara bisa ditempuh bagi seorang ibu untuk dicoba agar acara mandi ini dapat menjadi acara yang menyenangkan dan juga bisa digunakan sebagai sarana serta media dalam menstimulasi bayi. Sebenarnya prinsip memandikan bayi yang lebih besar akan lebih mudah dibandingkan dengan memandikan bayi yang mempunyai ukuran dan bobot tubuh yang lebih kecil. Hal ini karena perbedaan dalam hal fisik dan berat badan. Pada anak / bayi yang lebih besar punggungnya sudah tegak dan lehernya pun sudah mulai kuat. Sehingga bayi dapat didudukkan ketika disabuni dan dibilas. Hal tersebut juga berlaku untuk bayi yang berusia 6 bulan ke atas.

memandikan bayi, Manfaat memandikan bayi, Portal Kesehatan

Manfaat memandikan bayi juga banyak. Salah satunya seperti yang telah dijelaskan di atas yaitu untuk menstimulasi berbagai hal pada sang bayi. Stimulasi pada anak bisa dicoba dengan memasukkan beberapa mainan ke dalam bak mandinya si kecil pada saat mandi. Pada saat itulah biasanya si kecil akan banyak melakukan aktivitas menghentak-hentakkan kaki serta tangannya pula di dalam air.

Hal tersebut merupakan ekspresi kegirangan si kecil. Ketika bayi anak sedang beraktifitas dan moment menghentak-hentakkan itulah secara tidak langsung akan memperkuat otot-otot pada tangan serta kakinya. Atau pun saat buah hati memencet mainan didalam bak mandinya. Hal ini pula akan memperkuat jari-jari tangannya sekaligus juga merangsang indera perabaannya dan juga indera pendengarannya bila mainannya tersenut bisa mengeluarkan bunyi. Selain itu aroma sabun yang kebanyakan beraroma buah-buahan akan juga merangsang indera penciumannya.

Bersamaan memandikan bayi itu pulalah peranan kita sebagai orang tua untuk mengenalkan misalnya bagaimana aroma sabunnya, juga mengenalkan jenis warna sabun serta mainannya dengan kalimat yang kita ucapkan. Maka serangkaian kalimat kita pun akan menambah perbendaharaan kosakata bagi sang bayi. Kontak mata yang dijalin antara kita sebagai orang tua dan juga anak akan lebih mengikatkan dan mendekatkan perasaan kasih sayang kita kepada sang anak.

Begitulah beberapa macam stimulasi pada anak / bayi tatkala sedang beraktifitas memandikan. Orang tua memang harus pandai dalam melakukan berbagi cara serta tips memandikan bayi agar selain bermanfaat bagi kesehatan sang bayi, akan bermanfaat pula bagi kecerdasan dan gerak motorik sang bayi. Nah itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai orang tua dalam melakukan berbagai macam stimulasi yang bermanfaat bagi tumbuh dan kembangnya yang bisa kita sisipkan dalam acara memandikan bayi ini. Ada pula beberapa tips memandikan bayi yang bisa kita lakukan kepada bayi atau anak-anak kita. Mungkin tentang hal ini akan di bahas pada postingan berikutnya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Memandikan Bayi

4 komentar:

  1. Kirain manfaatnya cuma buat bersih aja, ternyata selain bersih juga sebagai stimulasi. Nice share sobat

    ReplyDelete
  2. harus hati hati juga gan mandiinnya :D

    ReplyDelete
  3. Memang harus hati-hati, bahkan esktra hati-hati kalau masih kecil bayinya

    ReplyDelete