Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Tanda Gejala Menopause

Untuk para kaum hawa tentunya setelah melewati masa remaja dan juga masa pertengahan akan mengalami apa yang disebut dengan masa menopause wanita. Hal ini terjadi pada umumnya dan rata-rata ketika seorang wanita telah memasuki masa umur 51 tahun ke atas. Mengenali akan tanda menopause wanita akan membantu dalam segi persiapan psikologis seorang wanita tersebut.

Ada beberapa pengertian menopause ini. Definisi menopause menurut Shimp dan Smith (2000) dikatakan bahwa hal ini merupakan akhir periode menstruasi, tetapi seorang wanita tidak diperhitungkan post menopause sampai wanita tersebut telah 1 tahun mengalami amenorrhea (tidak menstruasi). Menopause membuat berakhirnya fase reproduksi pada kehidupan wanita.

Sedangkan definisi menurut menurut Sutanto (2005) menopause adalah sebagai proses alami dalam penuaan, yaitu ketika wanita tidak mendapatkan haid lagi selama 1 tahun. Penyebab berhenti haid karena organ ovarium pada wanita tersebut tidak lagi memproduksi hormon estrogen dan progesteron, dan rata-rata terjadi menopause pada usia 50 tahun.

Menopause atau berhenti menstruasi ini bisa terjadi secara dini dan inilah yang disebut dengan dini dan ini terjadi di kala usia seseorang wanita menginjak berkisar umur 40 tahunan. Karena pada umumnya hal ini terjadi pada umur 50 tahunan ke atas. Dan hal ini terjadi karena rentang waktu hormon yang berperan besar pada masa menstruasi atau haid yaitu hormon estrogen dan progesteron berhenti berproduksi lebih cepat sehingga terjadilah menopause dini. Dan bagi para wanita yang mengalami masa menopause ini memerlukan akan tips mengatasi menopause pula.

Tanda Menopause Wanita

Berikut adalah beberapa tanda menopause wanita yang bisa dikenali dari tanda gejala menopause :
  1. Hot Flashes. Yang dimaksud dengan hot flashes ini adalah keadaan tubuh wanita yang secara tiba-tiba dirasakan hangat bahkan terasa panas. Ini akibat reaksi fisiologis akibat berkurangnya hormon reproduksi yaitu hormon estrogen. Pada ibu yang mengalami menopause terkadang hal ini dirasakan akibat dari cuaca lingkungan, padahal ini adalah merupakan gejala awal menopause.
  2. Perasaan hati yang mudah berubah-ubah. Yang dirasakan pada ibu ketika awal menopause adalah perasaan yang sering cemas, bahkan cenderung depresi. Bisa juga dengan tanda fisik menopause seperti halnya detak jantung bertambah, kadang dirasakan sesak nafas, jantung berdebar walau hal ini juga tidak terjadi pada setiap wanita ketika memasuki awal menopause.
  3. Organ intim mulai terasa kering. Penyebab hal ini dikarenakan hormon estrogen wanita akan berkurang cepat sehingga mempengaruhi akan kekeringan jaringan organ vagina. Karena hilangnya lapisan lembab di daerah vagina, hal ini pada umumnya akan bisa menyebabkan rasa gatal dan membuat seks menjadi kurang bahkan tidak nyaman lagi, selain itu perempuan menopause juga akan lebih rentan terhadap infeksi.
  4. Ketidakseimbangan hormon reproduksi perempuan. Ini adalah tanda menopause juga. Ini akan tampak pada tanda perempuan menopause dengan rambut yang mulai mengalami kerontokan serta penipisan disebabkan berkurangnya hormon estrogen pula.
  5. Insomnia (susah tidur) dan berkeringat waktu malam hari. Keringat di malam hari sering berkaitan dengan gangguan tidur pada seorang wanita ketika masa-masa transisi menopause tersebut. Dan yang ini merupakan produksi keringat yang berlebihan selama tidur.
Menopause adalah sesuatu yang normal dan wajar yang dialami oleh setiap wanita dan ditandai akhir dari masa subur. Masa menopause ini merupakan fakta kehidupan yang harus dialami oleh setiap wanita sehingga masa menopause ini pada wanita adalah tahap yang menimbulkan masalah. Hal ini mungkin tidak untuk semua wanita tetapi setidaknya bagi sebagian besar dari mereka yang sedang memasuki tahap tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Tanda Gejala Menopause

2 komentar:

  1. Para wanita perlu tahu yang seperti ini sobat...Makasih telah berbagi infonya ini

    ReplyDelete
  2. Menopause akan dialami setiap wanita setelah memasuki umur 50 tahunan ke atas, walau ada yang mengalami menopause dini

    ReplyDelete