Portal Kesehatan

Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Durhaka Kepada Orang Tua

Dosa durhaka kepada orang tua adalah sangat besar. Untuk itu sebagai anak kita mempunyai kewajiban untuk menghormati kedua orang tua kita baik ayah maupun ibu kita. Jangan sampai kita menjadi anak durhaka yang dimurkai oleh Allah baik dunia maupun akhirat. Karena apapaun bentuk ibadah yang kita lakukan tidak akan memberikan manfaat apapun bila kita telah melakukan perbuatan durhaka ini.

Yang dimaksud dengan perbuatan durhaka pada kedua orang tua adalah memutuskan tali hubungan yang terjalin antara orang tua dengan anaknya, meninggalkan sesuatu yang disukai keduanya, dan tidak menaati apa yang diperintahkan atau diminta oleh mereka berdua. Inilah yang dimaksud dengan pengertian durhaka.

Durhaka Kepada Orang Tua

Kewajiban seorang anak adalah berbuat baik, taat dan menghormati kepada orang tua yang telah melahirkan kita mendidik dan membesarkan diri kita sampai kita menjadi apa diri kita sekarang ini. Hal ini telah tersirat dalam Al-Qur'an mengenai dalil kewajiban anak untuk berbuat kebaikan kepada orang tuanya dalam surat al-Ahqaf: 16 yang artinya :"Dan kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada ibu-bapanya, ibunya telah mengandung dia dengan susah-payah dan melahirkannya dengan susah-payah pula; mengandung dan menyusuinya selama 30 bulan."

Allah memperkuat pesannya untuk berbuat baik kepada dua orang tua ini, ketika kedua orang tua tersebut telah mencapai umur lanjut (telah menjadi tua), kekuatannya sudah mulai menurun, mereka sudah mulai sangat membutuhkan pertolongan dan di jaganya perasaannya yang mudah tersinggung itu karena umurnya beliau yang telah lanjut usia tersebut. Dan juga orang tua telah banyak memberikan pendidikan kepada anak-anaknya, haruskah ini dibalas dengan kedurhakaan...

Ada beberapa bentuk tindakan yang dikategorikan termasuk dalam perbuatan durhaka diantaranya :
  1. Tidak mau untuk memberikan nafkah kepada orang tua bila mereka membutuhkan.
  2. Mengumpat kedua orang tuanya di depan orang banyak dan menyebut-nyebut kekurangan yang ada pada diri orang tua.
  3. Mencaci dan melaknat kedua orang tuanya tersebut.
  4. Membuat kedua orang tua bersedih dengan melakukan sesuatu hal, meskipun sang anak berhak untuk melakukannya. Tapi ingat, hak kedua orang tua atas diri si anak lebih besar daripada hak si anak.
  5. Malu mengakui kedua orang tuanya di hadapan orang banyak karena keadaan kedua orang tuanya yang miskin, berpenampilan kampungan, tidak berilmu, cacat, atau alasan lainnya. Ini adalah termasuk dalam bentuk durhaka pada orang tua.
  6. Tidak melayani mereka dan berpaling darinya. Lebih durhaka lagi bila menyuruh orang tua melayani dirinya.
  7. Menajamkan tatapan mata kepada kedua orang tua ketika marah atau kesal kepada mereka berdua karena suatu hal.
Yang termasuk dalam dosa durhaka kepada orang tua adalah :

Akan Diharamkan Untuk Masuk Surga.
Hal ini adalah dalil hadist mengenai perbuatan durhaka akan membawa pelakunya untuk haram masuk surga adalah hadist Rasulullah SAW yang berbunyi :" Ada tiga jenis orang yang diharamkan Allah masuk surga, yaitu pemabuk berat, pendurhaka terhadap kedua orang tua, dan seorang dayyuts (merelakan kejahatan berlaku dalam keluargannya, merelakan istri dan anak perempuan selingkuh)". (HR. Nasa’i dan Ahmad).

Allah Tidak Menerima Ibadah Wajib Dan Sunnahnya.
Berikut adalah dalil hadistnya :"Ada tiga golongan yang Allah tidak menerima (amal kebajikannya) dari yang sunnah maupun yang fardhu, yaitu durhaka kepada orang tua, orang yang suka mengungkit-ungkit kebaikannya, dan orang yang mendustakan takdir". (HR. Thabrani).

Disegerakan Azabnya di Dunia.
"Setiap dosa akan diakhirkan oleh Allah sekehendak-Nya sampai hari kiamat, kecuali dosa mendurhakai kedua orang tua. Sesungguhnya Allah akan menyegerakan (balasan) kepada pelakunya di dalam hidupnya sebelum mati". (HR. Al-hakim ).

1 Komentar untuk "Durhaka Kepada Orang Tua"

semoga kita bukan dikalangan anak yg durhaka. cuiup berat dosa anak durhaka. semoga kita sentiasa tunaikan kewajipan kita pada mereka.

 
Copyright © 2013 - 2014 Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template By Catatan Info