Portal Kesehatan

Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Menghormati Tetangga

Memuliakan tetangga adalah merupakan salah satu dari akhlak Islami yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Karena memang sebagai manusia dan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain, kita tidak mungkin terlepas dari apa yang dinamakan dengan tetangga. Untuk itulah menghormati tetangga dalam Islam mempunyai peran serta arti penting dalam tuntunan hidup bermasyarakat dalam agama kita ini.

Tetangga adalah seluruh orang yang tinggal berdampingan dengan kita, siapapun dia. Tetangga memiliki hak yang wajib untuk ditunaikan sesuai tingkatan mereka dan tidak boleh dilalaikan. Tingkatan mereka itu tergantung pada kedekatan, kekerabatan, agama, dan akhlaknya. Maka hendaknya setiap mereka diberikan haknya sesuai dengan kadar tingkatan tersebut.

Tetangga yang tinggal berdampingan dengan kita tentu tidak sama dengan tetangga yang jauh dari kita, tetangga yang juga sekaligus adalah keluarga kita, tidak sama dengan tetangga yang bukan keluarga, tetangga yang seagama tidak sama dengan tetangga yang beragama lain.

Memuliakan Menghormati Tetangga Dalam Islam

Dalil hadist mengenai keutamaan dalam menghormati dan memuliakan tetangga adalah sebagai barikut : "Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu , dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , beliau bersabda: "Barang siapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaklah ia berkata baik atau diam. Barang siapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaklah ia menghormati tetangganya. Dan barang siapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya". (HR al-Bukhâri dan Muslim).

Dalam kitab suci Qur’an maupun riwayat banyak sekali ditemukan kewajiban dan anjuran mengenai hubungan dalam kehidupan bertetangga. Menghormati, memuliakan dan menjaga hak-hak tetangga merupakan kewajiban yang ada dalam ajaran Islam. Allah Ta'ala memuji dan memberikan ganjaran besar bagi orang-orang yang memuliakan dan menjaga hak-hak tetangganya. Dan sebaliknya, Allah mengecam keras siapa saja yang mengganggu dan melanggar hak-hak tetangganya.

Adapun memuliakan tetangga dan berbuat baik kepada tetangga adalah diperintahkan dalam Islam. Allah Ta’ala berfirman yang artinya : "Beribadahlah kepada Allah dan janganlah mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri". (QS. an-Nisâ`/4:36).

Berikut adalah hak-hak tetangga menurut para ulama yang terbagi menjadi 3 yaitu :
  1. Tetangga muslim yang memiliki hubungan kerabat, maka ia memiliki tiga hak, yaitu: hak tetangga, hak Islam, dan hak kekerabatan.
  2. Tetangga muslim, maka ia memiliki dua hak, yaitu: hak tetangga, dan hak Islam.
  3. Tetangga kafir, ia hanya memiliki satu hak, yaitu hak tetangga.
Islam adalah agama yang mengatur hubungan bertetangga secara baik. Islam menempatkan posisi tetangga pada tempat yang tinggi dan terhormat. Ajaran demikian sebelumnya tidak dikenal dalam aturan atau perundangan manapun. Di dalam Islam, tetangga adalah sosok yang memiliki hak yang wajib (kewajiban bertetangga) untuk ditunaikan dan kehormatan yang wajib untuk dijaga.

Menyakiti tetangga adalah sebuah kejahatan yang sangat diharamkan dalam Islam. Diriwayatkan oleh Abu Syuraih, dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, "Demi Allah tidaklah beriman, demi Allah tidaklah beriman, demi Allah tidaklah beriman. Ditanyakan kepada beliau, 'Siapa orang itu wahai Rasulullah? Rasulullah menjawab, 'Mereka itu adalah orang-orang yang tetangganya tidak merasa aman dengan gangguannya". (HR. Bukhari).

Contoh perbuatan yang menyakiti tetangga adalah mengkhianati mereka, membuka aib dan kelemahannya, mengganggu anak-anak wanitanya, menggoda istrinya, dengan terlebih melakukan perselingkuhan dengannya, baik secara langsung atau tidak langsung. Sungguh perbuatan ini adalah seburuk-buruk dosa yang sangat dibenci dan dikutuk oleh seluruh jiwa yang sehat.

1 Komentar untuk "Menghormati Tetangga"

semoga kita sentiasa menghormati dan menjaga jiran tetangga yang seperti saudara terdekat kita.

 
Copyright © 2013 - 2014 Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template By Catatan Info