Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Mendidik Tanggung Jawab Pada Anak

Mendidik anak adalah merupakan bagian dari tanggung jawab orang tua. Untuk itulah sebagai orang tua kita harus bisa memberikan keteladanan dan pendidikan yang baik kepada anak-anak kita. Sudah seharusnya kita mencontoh keteladanan Rasulllah SAW dalam mendidik anak dan juga dalam berbagai hal yang berkaitan dengan duniawi dan juga tentunya keteladanan Rasulullah SAW dalam hubungannya kepada Sang Khalik. Termasuk bagaimana cara mendidik tanggung jawab kepada anak juga.

Rasa tanggung jawab pada diri seorang anak tidaklah tumbuh dengan sendirinya. Tetapi hal ini dipengaruhi oleh metoda pendidikan orang tua kepada anak-anaknya dan juga pengaruh lingkungan sekitarnya juga. Karena memang pengaruh lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap tingkah laku seorang anak. Untuk itulah sudah seyogyanya orang tua harus bisa bijaksana dalam memberikan pengajaran mengenai sebuah rasa tanggung kepada buah hati.

Cara Tips Mendidik Tanggung Jawab Kepada Anak

Pendidikan kepada anak semestinya sudah mulai dikenalkan semenjak dini karena hal ini akan memberikan kebiasaan yang baik ketika masa remaja dan dewasanya nanti. Untuk itulah pentingnya pendidikan anak usia dini ini dikenalkan kepada anak-anak kita. Ada beberapa tips mendidik anak dan juga tanggung jawab pada anak yang perlu diketahui oleh para orang tua yang merupakan ujung tombak pendidikan akhlak dan agama dalam sebuah rumah tangga. Karena pendidikan dimulai dari sebuah keluarga. Bila salah dalam memberikan pendidikan mengenai tanggung jawab serta keteladanan dalam segi dunia akherat akan berpengaruh kurang baik terhadap tumbuh kembang anak kita juga.

Kiat mengajarkan anak tanggung jawab adalah sebagai berikut :

1. Memberikan Tugas Rumah Tangga.
Tentunya maksud tugas dan pekerjaan rumah tangga ini adalah disesuaikan dengan pertumbuhan dan juga tahap perkembangan anak usianya. Pekerjaan rumah yang ringan perlu kita ajarkan kepada anak. Misal saja sang anak selesai bermain maka didiklah serta contihkan bagaimana cara merapikan beraneka ragam jenis mainan yang selesai dimainkan sang anak. Itulah adalah contoh kecil mengajarkan tanggung jawab pada anak-anak kita.

2. Memberikan Pujian Atas Prestasi Anak.
Jangan sungkan atau pun pelit dalam memberikan sebuah pujian kepada sang anak ketika selesai melaksanakan sesuatu hal yang telah menjadi tanggung jawabnya. Karena pujian adalah merupakan bagian dari rasa "menghargai" usaha anak dalam menjalankan tanggung jawabnya. Memberikan pujian kepada anak juga bagian dari penguatan dan pembenaran atas apa yang telah anak-anak kerjakan. Dan ini bisa memberikan dampak positif pada buah hati.

3. Ketika Berbuat Salah, Jangan Selalu Menyalahkan.
Maksudnya adalah bila anak melalaikan sebuah tanggung jawab yang dibebankan kepadanya, maka sebagai orang tua yang bijak kita tidak harus selalu menyalahkan. Akan tetapi justru mecari tahu akan akar pokok permasalah sang anak tidak menjalankan kewajiban atau pun tanggung jawabnya. Dengan begitu kita bisa berdiskusi dengan anak tentang bagaimana cara menyelesesaikan sebuah tanggung jawab dengan baik .

Demikian beberapa cara dalam memberikan pendidikan kepada sang buah hati. Dan satu hal yang penting. Pendidikan kepada anak bukan hanya dalam pendidikan formal maupun informal saja. Pendidikan agama kepada anak juga sangat penting untuk ditanamkan semenjak kecil.

Membuat anak mandiri dan bertanggung jawab penting sekali dikenalkan kepada anak. Keteladanan orang tua merupakan salah satu kunci pokok dalam hal ini. Kemandirian adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu kegiatan atau tugas sehari-hari atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahapan perkembangan dan kapasitasnya. Tanggung jawab berkaitan dengan dapat dipercaya dan diandalkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Mendidik Tanggung Jawab Pada Anak

2 komentar:

  1. Terima kasih perkongsian ini...
    Maklumat yang berguna... Saya mempunyai anak - baru 2 tahun.. Kadang kala beremosi juga.

    ReplyDelete
  2. tip no.3 penting supaya kita tidak terus menyalahkannya, kerana terus menyalahkannya buat anak rasa hilang keyakinan diri dsg.

    ReplyDelete