Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan

Manfaat teh bagi kesehatan telah banyak juga diakui oleh para ahli kesehatan di dunia ini. Maka tidaklah aneh bahwa minum teh ini ini telah menjadi budaya dan kebiasaan sebagian masyarakat Indonesia juga. Kita juga mengenal akan jenis minuman teh yang ada dan dikonsumsi oleh masyarakat kita. Diantaranya yaitu teh hijau, teh putih, teh hitam, teh oolong. Memang beberapa macam teh tersebut ada yang masih asing di telinga kita juga. Karena umumnya yang kita kenal dan cukup familiar adalah teh hijau tersebut.

Minuman teh merupakan minuman penyegar yang paling populer dan paling banyak dikonsumsi di dunia, setelah air putih. Dan ada beberapa khasiat teh untuk kesehatan yang bisa kita peroleh bila kita benar-benar memahami dan mempraktekkannya dengan benar. Selain teh ini, kita juga mengenal akan manfaat kopi untuk kesehatan juga. Terutama para penikmat kopi dan teh yang telah merasakannya.

Dalam beberapa riset dan penelitian ilmiah mengenai kegunaan dari teh ini telah menghasilkan temuan yang menunjukan bahwa minuman yang telah ditemukan ratusan tahun silam ini banyak mengandung salah satu antioksidan yang baik bagi tubuh yaitu polifenol yang dalam dunia kesehatan dikenal dengan nama katekin. Antioksidan dalam teh ini bersifat sebagai anti kanker pula. Bahkan untuk jenis teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung manusia juga.

Manfaat Teh Bagi Kesehatan

Teh diproduksi dari pucuk daun muda tanaman teh (Camelia sinensis). Produk daun teh dapat menjadi berbeda satu sama lain karena melalui berbagai metode atau cara pengolahan yang berbeda, sehingga ketika daun teh kering tersebut diseduh dengan air panas, akan menimbulkan aroma serta rasa yang khas yang berbeda pula. Kenikmatan dalam meminum teh ini juga bisa tergantung bagaimana cara menyeduh teh yang baik benar juga.

Berikut beberapa manfaat khasiat minum teh bagi kesehatan kita bila dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan juga :

Mencegah Kerusakan Gigi dan Karies Gigi.
Hal ini karena dalam kandungan teh terdapat juga kandungan flouride yang cukup tinggi yang mana hal ini akan bermanfaat bagi kesehatan gigi dalam rangka untuk pencegahan karies gigi serta akan membantu memperkuat email gigi juga. Selain itu pada teh hijau juga mengandung akan catechin yang berfungsi untuk mencegah kerusakan gigi yang bekerja untuk menghilangkan bakteri yang ada dalam mulut serta tenggorokan kita. Yang hal ini akan memberikan efek untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut juga.

Menurunkan Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol Darah.
Ini adalah merupakan bagian dari manfaat teh hitam yang kita konsumsi. Teh hitam biasa disebut juga sebagai teh merah, hal tersebut dikarenakan kebiasaan orang timur menyebutnya teh merah karena larutan teh yang dihasilkan dari teh ini akan berwarna merah, sedangkan orang barat menyebutnya teh hitam karena daun teh yang digunakan untuk penyeduhan biasanya berwarna hitam. Hasil penelitian membuktikan bahwa Catehin dalam teh mampu mengurangi penimbunan kolesterol dalam darah serta mempercepat pembuangan kolesterol melalui tinja

Manfaat untuk kolesterol ini dari teh oolong ini dijelaskan oleh ahli nutrisi Emilia E. Achmadi MS, RD yang mengatakan bahwa : "Teh ini memiliki komponen antioksidan yang bernama polifenol. Saat mengasup lemak berlebihan, antioksidan ini berfungsi memisahkan lemak dan enzim. Sehingga lemak tidak diserap tubuh, dan kemudian dikeluarkan. Memang tidak semua lemak hilang tapi paling tidak sebagian. Oolong akan membantu sedikit keluarkan lemak yang ada di makanan".

Meningkatkan Sistem Imun (Kekebalan Tubuh).
Manfaat teh selanjutnya adalah merupakan bagian dari cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kekebalan tubuh dalam mencegah timbulnya suatu penyakit. Kandungan yang ada dalam teh yang berupa vitamin C dan juga vitamin E di telah dipercaya dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Mencegah Resiko Terkena Diabetes (DM).
Khasiat dari teh hijau salah satunya adalah untuk menurunkan resiko terkena penyakit diabetes mellitus. Bekerja dalam pencegahan kenaikan kadar gula darah dalam darah yang dratis. Selain itu juga berguna untuk mengurangi penyimpanan lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh juga. Tentu saja untuk memastikan akan manfaat teh bagi para penderita diabetes melitus ini perlu dikonsultasikan kepada dokter yang ahli dalam bidang penyakit DM juga akan memperoleh informasi yang tepat dan benar.

Menguatkan Tulang Tubuh.
beberapa penelitian dan studi juga pernah menyebutkan bahwa meminum teh setiap hari akan mampu menguatkan tulang. Selain itu, hampir semua jenis teh, baik itu hijau, hitam atau oolong, semuanya mempunyai khasiat kesehatan terutama dalam hal meningkatkan kepadatan tulang.

Demikian beberapa hal yang bisa kita peroleh dari kegunaan serta manfaat dari meminum teh untuk kesehatan kita. Yang perlu diperhatikan juga bahwasannya walaupun banyak dampak positif dari teh, kita harus tetap dalam membatasi asupannya dalam satu harinya. Dan jangan pula melupakan akan manfaat air putih bagi kesehatan kita juga. Karena air putih adalah merupakan bagian dari kebutuhan pokok untuk hidup sehat kita juga.

Prinsipnya yaitu sesuatu yang sehat dan menyehatkan serta berguna akan menjadi tidak baik apabila dikonsumsi dalam takaran dosis yang berlebihan. Disarankan untuk meminum teh tidak lebih dari 3 cangkir dalam tiap harinya untuk menjaga kesehatan. Inilah yang termasuk dalam hubungan teh dengan menjaga kesehatan juga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan

2 komentar:

  1. amalan teh hijau baik untuk kesihatan, bagi perempuan biasanya untuk lansingkan badan. terima kasih perkongsiannya.

    ReplyDelete
  2. saya suka minum teh apalagi kalau teh hijau sayang susah untuk dapat green tea asli

    ReplyDelete