Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Manfaat Berenang

Manfaat Berenang - Manfaat Berenang bagi kesehatan Berbagai macam jenis olahraga tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan serta kebugaran tubuh kita masing-masing. Termasuk manfaat olahraga renang bagi kesehatan kita. Olahraga pula bermanfaat dalam rangka meningkatkan kebugaran tubuh, olahraga acapkali sudah menjadi cara mutlak untuk itu. Bahkan, olahraga ringan tanpa harus menyediakan beragam peralatan olahraga yang aneh-aneh bisa menjadi pilihan.

Manfaat berenang Bagi Kesehatan

Berbagai faedah manfaat berenang ini akan bisa kita dapatkan bila kita memang berniat untuk menjaga kesehatan kita. Adapun manfaat olahraga berenang bagi kesehatan diantaranya yaitu :
  1. Melatih pernafasan kita. Kita mengetahui bahwasannya berenang adalah kita bergelut dengan lingkungan air. Dengan lingkungan yang penuh dengan air ini akan mampu memperkuat sistem pernapasan sehingga cocok untuk penderita asma. Gerakan dalam renang bisa membuat sistem pernapasan lebih panjang dan tubuh sehat. Dan ini adalah salah satu manfaat bila kita berenang.
  2. Meningkatkan kemampuan dari fungsi pernafasan (paru-paru) dan juga fungsi jantung. Dalam melakukan aktifitas berolahraga renang maka banyak organ tubuh yang terlibat di dalamnya. Gerakan mendorong dan menendang air menggunakan anggota tubuh, khususnya kaki dan tangan mampu memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Gerakan inilah yang mampu meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru karena dilatih secara rutin dalam berenang itu sendiri. Olahraga berenang juga termasuk dalam jenis olahraga dan juga salah satu latihan aerobik dalam air.
  3. Menghilangkan stressor. Ternyata berenang juga bisa dijadikan salah satu cara tips menghilangkan stress yang bisa kita lakukan. Banyak gerakan dalam air dan berenang ini mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak sehingga suasana hati lebih tenang dan nyaman sehingga ini bisa menurunkan tingkat stresor kita. Bersentuhan dengan air pun membuat tubuh lebih sejuk sehingga mempengaruhi suasana hati dan pikiran.
  4. Meningkatkan pembentukan otot dan dan memperkuat otot-otot tubuh. Salah satu jenis olah raga yang dapat mengencangkan dan menguatkan otot otot seluruh tubuh tanpa harus susah payah seharian berlatih di pusat kebugaran adalah renang. Tidak hanya otot tangan dan punggung saja yang terlatih dan semakin kuat, tetapi seluruh bagian tubuh termasuk bagian batang tubuh (core) juga ikut terlatih dalam melakukan aktifitas berenang ini. Berenang pula mengharuskan kita untuk menggerakan hampir semua otot pada tubuh. Ketika bergerak dalam air, tubuh pun harus mengeluarkan energi lebih besar karena harus melawan massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh. Gerakan ini secara tidak langsung dapat membuat otot lebih kencang dan berbentuk.
  5. Menambah tinggi badan. Ini juga yang sewaktu kita kecil sering kali disarankan oleh para orang tua dan juga guru-guru olahraga. Bila kamu ingin lebih tinggi pada masa anak-anak maka pilihlah olahraga renang. Begitu yang teringat oleh saya sewaktu mengikuti olahraga di sekolahan. Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, berenang bisa membuat tubuh lebih tinggi. Bagi orang dewasa, berenang pun bisa memperbaiki postur tubuh sehingga bisa terlihat lebih tinggi.
Selain hal tersebut ada juga manfaat berenang bagi ibu hamil. Hampir sama dengan manfaat berenang bagi pernafasan dan juga jantung. Manfaat berenang dalam kehamilan ini meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproses dan menggunakan oksigen yang penting bagi ibu dan janin. Berenang juga bisa membakar kalori, membantu meredakan kelelahan dan membuat tidur lebih nyenyak sehingga kualitas tidur pun akan semakin baik.

Bahkan, berolahraga secara teratur seperti berenang juga membantu para ibu hamil dalam rangka mengatasi tantangan emosi dan fisik selama kehamilan. Dengan berbagai manfaat berenang bagi kesehatan ini maka olahraga renang bisa kita jadikan salah satu olahraga favorit kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Manfaat Berenang

3 komentar:

  1. berenang dari dulu memang diketahui sangat banyak manfaatnya...namun sayang saya tak begitu mahir berenang :)

    ReplyDelete
  2. bisa berenang tp hny mampu beberapa meter itu pun ngos-ngosan... *smile

    ReplyDelete
  3. ternyata begitu ya ... makasih sob udah mau share.. :)

    ReplyDelete