Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Menjaga Kesehatan Jantung

Tips menjaga kesehatan jantung dan juga kesehatan tubuh kita yang lainnya adalah merupakan salah satu dari sekian banyak nikmat yang Allah telah karuniakan kepada kita semua. Dan kita sebagai hamba-Nya wajib untuk senantiasa mensyukuri akan nikmat sehat ini. Nikmat sehat adalah juga termasuk dalam satu nikmat Allah yang kerapkali kita lupakan dan kita bisa merasakan betapa besar nikmat sehat setelah kita mengalami apa yang dinamakan dengan sakit. Dan Cara menjaga kesehatan jantung termasuk dari beberapa cara kita bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Kesehatan jantung harus kita jaga karena penyakit jantung terutama jantung koroner adalah penyebab kematian no 1 di Dunia dan juga di Indonesia. Ada beberapa tips menjaga kesehatan jantung yang perlu untuk kita ketahui dan juga kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Tips Jaga Kesehatan Jantung

Beberapa hal yang perlu kita jalani dan juga praktekkan dalam rangka dan usaha untuk bagaimana cara jaga kesehatan jantung kita dan juga keluarga kita pula.
  1. Menjalankan pola hidup sehat. Karena dengan kita menjalankan pola hidup yang sehat berarti kita turut andil dan berperan serta dalam hal memelihara kesehatan jantung kita dan juga kesehatan organ-organ tubuh kita yang lainnya. Karena manfaat dari menerapkan pola hidup sehat ini bukan hanya untuk jantung kita saja.
  2. Menjalankan olahraga yang teratur dan berkelanjutan. Olahraga ini termasuk juga masuk kategori pola hidup yang sehat pula. Olahraga akan bisa meningkatkan kebugaran tubuh kita dan juga menjaga berat badan kita sehingga akan bisa berdampak langsung meringankan kerja jantung. Olahraga yang ringan asalkan dijalankan dengan teratur juga bagian dari menjaga kesehatan jantung kita. Olahraga yang dianjurkan dan baik untuk kesehatan jantung diantaranya yaitu : berjalan kaki, berlari, berenang, bersepeda, dan juga senam jantung sehat.
  3. Pemeriksaan kesehatan yang teratur. Kita mengenal dahulu bahwasannya resiko penyakit jantung ini adalah umur 40 tahun ke atas, akan tetapi dewasa ini ada beberapa kasus jantung koroner yang menimpa pada seseorang yang berumur 30 tahun bahkan di bawah 30 tahun. Untuk itu bila kita sadar untuk menjaga kesehatan maka alangkah baiknya bila kita rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kita 1 tahun sekali. Apalagi bila kita mempunyai resiko untuk terkena penyakit jantung koroner.
  4. Jauhkan Dari Kebiasaan Merokok. Salah satu dari resiko jantung koroner yang bisa diubah adalah merokok. Merokok akan sangat berdampak buruk kepada kesehatan jantung kita. Untuk itu hindarilah kebiasaan merokok ini. Selain berpengaruh buruk kepada kesehatan, kebiasaan ini juga mengharuskan kita untuk merogoh kocek lebih banyak untuk membeli rokok.
  5. Menjalankan pola makan yang sehat. Kita ketahui bersama bahwasannya kebanyakan sumber penyakit adalah dari pola makan yang tidak sehat. Termasuk penyakit jantung ini. Untuk itulah pentingnya kita benar-benar memperhatikan bagaimana tips pola makan yang sehat demi merawat kesehatan jantung kita bersama dan juga demi jantung sehat kita pula.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Menjaga Kesehatan Jantung

0 komentar:

Post a Comment