Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Dampak Pengaruh Stress Terhadap Kesehatan

Penyakit gangguan kesehatan akibat stress dan depresi tidak boleh dianggap sepele dan ringan saja. Karena memang pengaruh buruk negatif stress terhadap kesehatan tidak sedikit jumlahnya.

Stres berkepanjangan tak hanya memicu kelelahan mental, tapi juga memengaruhi kesehatan fisik. Reaksi psikologis dan fisiologis atas perubahan situasi yang tidak dapat diterima ini akan merangsang pelepasan hormon kortisol yang memiliki efek merusak tubuh.

Stres adalah ketegangan emosional maupun fisik yang disebabkan oleh karena adanya tanggapan diri kita terhadap tekanan dari dunia luar. Secara umum, orang bisa mengalami stres dari faktor eksternal atau internal.

Faktor penyebab stress terdiri dari :

  1. Stres eksternal. Ini muncul dari kondisi lingkungan yang kurang baik seperti suhu panas dan dingin. Atau stres akibat kondisi lingkungan hidup seperti kondisi kerja yang buruk atau kehidupan yang berantakan.
  2. Stres internal. Hal ini bisa berasal dari kondisi fisik seperti infeksi, radang dan penyakit lain. Atau kondisi psikologis seperti rasa khawatir tentang kecelakaan, phobia terhadap sesuatu dan penyebab lainnya

Penyakit Akibat Stress


Dampak Pengaruh Stress Terhadap Kesehatan

Definisi pengertian stress adalah merupakan suatu kondisi ketegangan yang akan bisa mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi diri seseorang. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya.

Dan hal ini bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang juga. Itulah yang dimaksud dengan pengertian stress itu sendiri.

Berikut beberapa jenis macam penyakit yang bisa diakibatkan oleh karena stress yang tidak mendapat penanganan dengan segera antara lain adalah sebagai berikut :

Penyakit Jantung

Kita tahu bahwasannya stres akan meningkatkan hormon tubuh yang bernama "adrenaline" kedalam saluran darah kita. Hormon ini bersama-sama dengan beberapa hormon yang lain akan menyebabkan beberapa perubahan terjadi di dalam tubuh kita sebagai persiapan untuk melindungi kita. Di antara perubahan-perubahan itu ialah denyut jantung akan meningkat dan tekanan darah akan meningkat pula.

Bila hal ini dibiarkan, maka hal ini akan bisa berakibat buruk terhadap kesehatan jantung kita serta juga kesehatan pembuluh darah juga. Stress juga akan meningkatkan tekanan darah di samping juga akan memudahkan proses pembekuan darah.

Semua ini merupakan perubahan-perubahan pada kondisi seseorang yang sedang stress dan juga bisa menyebabkan serangan jantung (penyakit jantung koroner). (Health Education Associates, 1996; Stress and Heart Disease).

Depresi

Depresi adalah gangguan alam perasaan yang berat dan dimanifestasikan dengan gangguan fungsi sosial dan fungsi fisik yang hebat, lama dan menetap pada individu yang bersangkutan. Depresi adalah suatu jenis alam perasaan atau emosi yang disertai komponen psikologik seperti halnya rasa susah, murung, sedih, putus asa dan tidak bahagia.

Dan juga serta komponen tanda gejala somatik lainnya : anoreksia, konstipasi, kulit lembab (rasa dingin), tekanan darah dan denyut nadi sedikit menurun. Inilah yang dimaksud dengan pengertian depresi. Dan ini juga termasuk dalam jenis gangguan kesehatan yang disebabkan stres juga.

Maka gangguan akibat depresi serta stres seperti tersebut di atas lah yang akan bisa mengganggu kesehatan diri seseorang. baik itu secara fisik maupun mentalnya. Bila dibiarkan berkelanjutan, maka depresi akan berpengaruh terhadap penurunan kondisi tubuh secara fisik, gangguan kesehatan mental akut bahkan sampai bisa terjadi resiko kematian.

Tanda Gejala Stress

Tanda Gejala Stress

Berikut beberapa tanda gejala orang yang sedang mengalami stress dan depresi antara lain adalah :
  • Insomnia
  • Sembelit, diare, sakit perut
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Depresi
  • Mudah marah
  • Nafsu makan tidak teratur
  • Mengucilkan diri
Tubuh Mudah Terkena Sakit

Beberapa ilmuwan yang telah melakukan penelitian mengenai hubungan stres dengan penyakit ini juga bahwasannya stress akut akan bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia. Beberapa studi kasus telah menunjukkan bahwa beberapa hormon stres yang dikeluarkan tubuh ketika beban berlebihan datang, hal ini akan bisa memengaruhi kemampuan kelenjar thymus untuk menstimulasi dan mengatur aktivitas leukosit (sel darah putih).

Terganggunya aktifitas sel darah putih ini lah yang akan bisa menurunkan imunitas dan daya tahan tubuh akan menurun. Kita tahu bahwa salah satu fungsi leukosit ini adalah memerangi berbagai jenis virus bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Bila terganggu maka otomatis tubuh akan lebih mudah untuk terserang berbagai jenis penyakit yang berkaitan dengan imunitas tubuh sendiri.

Stres Berkepanjangan Bisa Menimbulkan Gangguan Mental


Stres yang terjadi dalam jangka waktu lama dan permanen akan memicu sel kekebalan tubuh untuk bereaksi secara buruk terhadap otak. Jika dibiarkan, perubahan ini akan menyebabkan kelainan mental.

Berikut seperti yang dilansir dari media merdeka.com dengan pemberitaan yang berjudul stres yang berkepanjangan bisa memicu terjadinya gangguan mental antara lain adalah sebagai berikut :

Tim peneliti fokus pada salah satu jenis sel darah putih yang bernama fagosit. Dalam keadaan normal, fagosit akan memperbaiki jaringan antar sel saraf di otak dan memicu pertumbuhan sel tersebut.

Namun ketika seseorang merasa stres, fagosit akan semakin aktif dan bisa menyebabkan kerusakan pada sel saraf serta memicu peradangan pada otak.

Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin sering fagosit dipicu oleh rasa stres, maka semakin besar kerusakan yang bisa disebabkannya pada sel otak. Hal ini jika dibiarkan akan menyebabkan masalah dan kelainan mental yang lebih serius seperti schizophrenia.

Meski begitu peneliti memberi catatan bahwa stres bisa berimbas berbeda pada satu orang dan orang lainnya. Beberapa orang memiliki ketahanan yang tinggi terhadap stres dan sementara lainnya lebih lemah dan berisiko lebih tinggi memiliki kelainan mental jika terus-terusan mengalami stres.

Namun ada baiknya jangan biarkan diri Anda terus-terusan terjebak dalam stres. Segera cari cara untuk mengatasi stres agar terhindar dari kerusakan otak dan masalah mental yang lebih berbahaya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Dampak Pengaruh Stress Terhadap Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment