Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Tips Kiat Percaya Diri

Tips meningkatkan percaya diri perlu untuk diketahui oleh kita bersama. Karena dengan kepercayaan diri yang tinggi di sertai denga kemampuan dan keilmuan yang sepadan adalah merupakan bagian dari kiat menjadi orang sukses di kemudian hari nanti. Karena dengan menjalankan diri sebagai orang yang berperilaku PeDe dan cara agar percaya diri bisa tumbuh lebih baik dalam diri kita maka hal ini akan berdampak positif bagi perkembangan kita.

Percaya diri merupakan salah satu dari sekian banyak aspek kepribadian yang berperan penting dalam sebuah kehidupan manusia. Orang yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi maka mereka akan yakin atas kemampuan mereka sendiri serta akan memiliki banyak pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap akan menjaga pola pikir yang positif dan dapat menerimanya dengan hati yang nyaman.

Pengertian percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang akan memberikan keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau pun melakukan sesuatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif, kurang percaya pada kemampuannya, karena itu sering menutup diri (minder). Ini adalah definisi pengertian dari Thantaway dalam Kamus istilah Bimbingan dan Konseling (2005:87).

Tips Kiat Percaya Diri

Ada beberapa manfaat percaya diri yang bisa kita peroleh dari rasa percaya diri kita yang bagus dan tinggi. Diantara manfaat kepercayaan diri yang tinggi adalah akan bisa mengembangkan segala potensi diri yang ada ke arah hal-hal yang positif dan berbabagi bentuk hal yang bermanfaat baik untuk pribadi maupun masyarakat luas tentunya.

Hal lainnya adalah bisa mencegah mengikuti dalam kepribadian orang lain. Ketika kita percaya pada diri sendiri, berarti kita telah membentengi diri dari pengaruh kekuasaan kepribadian lain yang lebih kuat dan bisa menjadi idola yang kita kagumi. Dengan percaya diri, kita bisa menjaga eksistensi sendiri di depan kekuatan lainnya. Dan juga akan memberikan manfaat dalam rangka membuat diri kita menjadi lebih bijaksana dan kuat dalam menentukan arah hidup dan cita-cita.

Ada beberapa kiat cara tips meningkatkan percaya diri kita sendiri yaitu :

1. Mensyukuri Segala Apa Yang ada Pada Diri Kita.
Bersyukur atas nikmat Allah dalam bentuk apapun akan bisa membuat kita menjadi pribadi yang rendah hati dan juga bisa menjadikan kita percaya diri. Manusia tidaklah ada yang sempurna. Semuanya tentunya mempunyai kelemahan dan kekurangan. Bila kita terpenjara dalam pikiran akan kelemahan kita, kekurangan diri kita maka itulah yang menjerumuskan diri kita kepada rasa ketidakpercayaan diri kia terhadap apa yang kita miliki.

Dengan banyak bersyukur dan mmikirkan akan banyaknya nikmat Allah atas diri kita akan memotivasi untuk lebih mengembangkan segala apa yang ada pada diri untuk lebih dioptimalkan dan inilah yang akan membuat kita menjadi lebih percaya diri baik pada kemampuan dan kelebihan tanpa ada sifat dan sikap sombong tentunya.

2. Mempunyai Positif Thinking (Pikiran Yang Positif).
Jangan selalu melihat dan memandang hanya ada kelemahan yang ada pada diri kita. Hal ini justru akan mengantarkan kita pada lembah "PESIMIS" terhadap apa yang sebenarnya bisa kita lakukan dengan lebih baik dalam segala hal baik yang berhubungan dengan pekerjaan dan karir atau hubungan sosial kita terhadap sesama manusia.

Pikirkan 'sedikit kelebihan' diri kita yang nantinya akan menghantarkan pada kenyataan bahwa diri kita ternyata banyak hal yang bisa dilakukan dan memberikan banyak manfaat pada banyak manusia. Ini lah yang aka menghantarkan kita pada taraf rasa "optimisme" rasa percaya diri yang baik dan harus dibangun secara bertahap.

3. Memperbaiki Segi Penampilan Diri.
Hal ini tidak justru membuat kita menjadi berlebihan. Penampilan yang menarik dari segi penampilan fisik baik itu pakaian atau pun yang lainnya tidak harus dinilai dari mode pakaian yang baru dan sedang menjadi trends. Bukan pula dengan membeli semuanya yang serba baru. Akan tetapi lebih kepada penampilan yang rapi yang bersih. Itu akan mendukung dalam kita menjalankan tips meningkatkan rasa percaya diri kita.

Penampilan yang bagus akan bisa juga menunjukkan akan citra kita di hadapan banyak orang. Citra yang baik ini bukan dibangun hanya untuk mendapatkan penilaian dari banya orang atau pun orang-orang tertentu akan tetapi justru timbul dari hati dengan menjalankan kebaikan dan amalan-amalan yang di ajarkan dalam agama kita tentunya.

Dengan kita menjalani akan kiat membangun percaya diri yang baik dan positif maka kita juga akan mengenali akan tanda-tanda rasa percaya diri yang baik ada pada diri kita. Sebagian tanda rasa percaya diri itu telah ada pada diri kita yaitu dengan yang mempunyai rasa percaya diri yang baik akan di implementasikan dengan wujud seperti halnya bisa mengatur dirinya sendiri, dapat mengarahkan, mengambil inisiatif, memahami dan juga akan mampu mengatasi kesulitan-kesulitan sendiri, serta dapat melakukan hal-hal untuk dirinya sendiri dan juga untuk orang lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Tips Kiat Percaya Diri

0 komentar:

Post a Comment