Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Tips Mengatasi Konstipasi Anak

Tips Mengatasi Konstipasi Anak - Penyebab Dan Tips Mengatasi Konstipasi Anak Kita sebagai orang tua perlu untuk waspada pada saat si kecil mulai sulit buang air besar / konstipasi sembelit anak. Bisa jadi itulah gejala awal konstipasi. Biasanya bila anak telah mengalami gejala awal konstipasi maka sang anak mendadak menjadi mudah rewel dan sering mengeluh kesulitan saat buang air besar. Bila hal tersebut yang terjadi maka sebagai orang tua kita perlu waspada dan berhati-hati bila menemui gejala awal tersebut. Kemungkinan anak kita mengalami apa yang disebut dengan kostipasi pada anak atau sembelit anak bayi.

Tips cara Mengetasi konstipasi Anak

Penyebab sembelit konstipasi anak bayi beberapa diantaranya yaitu :
  1. Faktor konsumsi makanan. Biasanya anak yang mengalami kontipasi ini anak tersebut kurang dalam hal mengkonsumsi makanan yang berserat. Seperti halnya buah-buahan, sayur atau sereal.
  2. Kelainan sejak lahir. Adanya kelainan penyakit bawaan, seperti hirscprung yang merupakan cacat pada usus besar. Penyakit hirscprung ini dapat mengakibatkan masalah dalam hal penyerapan nutrisi makanan dan juga bisa berdampak serta menimbulkan konstipasi.
  3. Pemberian Obat-obatan. Pemberian obat-obatan tertentu dapat juga menimbulkan efek samping berupa sembelit. Kita para orang tua bisa melihat peringatannya pada bagian belakang kemasan obat.
  4. Kurang cairan. Bila tubuh apalagi anak kekurangan cairan / air minum, maka hal tersebut juga bisa menimbulkan konstipasi. Metabolisme anak yang tinggi memungkinkan keluarnya cairan akan lebih banyak dari tubuh. Jika bila hal ini tidak diimbangi dengan intake yang cukup dalam hal ini cairan yaitu dengan minum yang cukup maka hal tersebut dapat mengakibatkan feses menjadi keras dan akibatnya adalah konstipasi.
Setelah kita mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya sembelit atau pun konstipasi pada bayi atau pun akan, maka kita sebagai orang tua juga memerlukan hal-hal yang bisa mencegah konstipasi pada anak kita.

Berikut beberapa tips cara mangatasi sembelit anak dan diantaranya yaitu :
  1. Bila sang anak suka maka berikanlah jus buah. Jus buah ini kaya akan serat dan hal ini bisa memudahkan sang anak atau bayi untuk buang air besar dan juga bisa mencegah konstipasi pada anak.
  2. Salah satu cara yang bisa dilakukan lagi untuk tips atasi sembelit anak adalah dengan Memandikan bayi dengan air hangat. Mandi dengan menggunakan air hangat akan membuat bayi merasa nyaman. karena banyak juga manfaat memandikan bayi atau anak ini.
  3. Bisa juga dengan cara mengoleskan lotion atau baby oil di daerah sekitar anus bayi / anak. Dengan mengoleskan lotion atau baby oil maka daerah di sekitar anus bayi akan menjadi lebih lembut dan tidak terasa kaku. tetapi hal ini sekarang jarang dilakukan oleh para orang tua. Tetapi bisa menjadi alternatif dalam hal mengatasi sembelit.
Dengan kita bisa mengatasi masalah sembelit dan konstipasi pada anak-anak kita maka diharapkan kesehatan percernaan anak terjaga dengan baik sehingga nantinya pula pertumbuhan dan perkembangan sang anak juga akan berjalan dengan baik dan juga optimal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Tips Mengatasi Konstipasi Anak

1 komentar:

  1. terima kasih tipnya. tip ke2 dan ketiga belum pernah cuba, biasa jaga permakanannya saja.

    ReplyDelete