Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Makanan Yang Baik Untuk Jantung

Jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung akan banyak dicari dan dikonsumsi baik itu untuk penderita penyakit jantung atau pun orang yang senantiasa menjaga kesehatan jantungnya dengan baik. Karena memang penyakit jantung khususnya jantung koroner adalah merupakan penyakit yang mematikan dan banyak menimbulkan korban jiwa karena penyakit yang satu ini. Untuk itu perlunya kita mengenali akan jenis makanan yang sehat untuk jantung kita.

Penyakit jantung koroner angka kematiannya di Indonesia termasuk tinggi dan diantaranya 26 persen diakibatkan penyempitan pembuluh darah koronernya yang diakibatkan karena pengendapan kolesterol. Kolesterol jahat yang menumpuk di pembuluh darah akan meningkatkan angka kejadian penyakit jantung dan juga penyakit stroke pula.

Makanana Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kolesterol memang juga penyebab buruk untuk kesehatan jantung dan kita juga perlu untuk mengetahui akan jenis-jenis makanan penurun kolesterol yang tentunya akan membantu kesehatan jantung kita nantinya. Selain menghindari makanan berkoleterol tinggi kita juga perlu untuk membiasakan hidup sehat dengan cara rutin berolahraga.

Berikut beberapa macam makanan yang sehat untuk jantung diantaranya yaitu :

Minyak Zaitun.
Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Berbagai tahapan pengolahan memberikan beragam varietas minyak zaitun, seperti extra virgin, virgin, pure, dan pomace kini banyak tersedia di pasaran.

Sayuran Berdaun.
Bayam, pok choy, lobak, fenugreek, dan selada, sayuran ini adalah beberapa contoh jenis sayur yang dapat mengurangi penyakit jantung dan kanker. Sebab sayuran ini rendah lemak, kalori dan tingggi serat. Selain itu juga mengandung asam folat, magnesium, kalsium, kalium dan mineral untuk fungsi optimal jantung. Menurut penelitian, konsumsi satu porsi sayuran berdaun dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.

Ikan Salmon.
Jenis ikan ini seperti yang kita ketahui banyak mengandung asam lemak omega 3 dan salmon ini termasuk didalamnya. Asam Lemak Omega III ini mempunyai peranan penting dalam menjaga kadar kolesterol dan membantu menurunkan tekanan darah dan juga menekan resiko pembekuan darah yang berlebihan. Sehingga ikan salmon adalah salah satu makanan yang baik bagi jantung.

Kacang.
Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki molekul asam lemak terendah dan yang paling baik dari tiga jenis lemak lainnya, seperti lemak tak jenuh ganda, lemak jenuh, dan lemak tak jenuh tunggal. Sehingga dengan kita mengkonsumsi kacang akan menambahkan lemak yang sehat (HDL) yang justru diperlukan bagi tubuh kita.

Almond.
Mengandung vitamin B17, E dan mineral seperti magnesium, zat besi, dan merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dalam tubuh dan juga diperlukan untuk turut membantu menjaga kesehatan jantung pula.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Makanan Yang Baik Untuk Jantung

0 komentar:

Post a Comment