Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Fase Penyakit Demam Berdarah

Salah satu jenis penyakit yang penularannya melalui gigitan nyamuk adalah penyakit demam berdarah ini. Pengertian demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah, sehingga hal ini mengakibatkan perdarahan di bawah kulit yang kita kenal secara awam adalah bercak merah pada kulit yang merupakan salah satu tanda ciri khas penyakit demam berdarah ini.

Penyakit Demam Berdarah ini suatu jenis penyakit yang seringkali mewabah pada daerah dengan iklim tropis dan subtropis. Sehingga termasuk penyakit endemis pula pada negara Indonesia yang beriklim tropis pula. Penyakit DHF ini tercatat untuk pertama kalinya dalam sejarah menjadi endemi pada tahun 1779 - 1780 di Asia, Afrika dan juga di Amerika Utara dan terjadi secara hampir bersamaan dengan peningkatan angka morbiditas dan juga mortalitas yang cukup tinggi pula.

Fase Tingkatan Demam Berdarah

Ada beberapa tingkatan demam berdarah yang perlu kita ketahui. Berikut adalah tingkat derajat demam berdarah berdasarkan dan menurut WHO yaitu :
  1. Demam Berdarah derajat 1. Pada derajat I ini tanda yang dapat kita kenali adalah adanya tanda infeksi virus, dengan manifestasinya yang berupa perdarahan pada kulit yang tampak hanya dengan melalui tes yang disebut dengan tes Uji Torniquet positif.
  2. Demam Berdarah derajat 2. Pada derajat II ini maka tanda infeksi virus didapatkan dengan manifestasinya yang berupa adanya perdarahan spontan (mimisan, bintik-bintik merah) dan lebih parah kondisinya dari pada fase demam berdarah tahap pertama.
  3. Demam Berdarah derajat 3. Pada derajat III ini disebut juga dengan nama fase pre syok, dengan tanda DHF grade II namun penderita akan mulai mengalami tanda syok ditandai dengan gejala seperti halnya : penurunan kesadaran, tangan dan kaki terasa dingin, nadi teraba cepat dan lemah, tekanan nadi masih terukur walaupun kecil.
  4. Demam Berdarah derajat 4. Pada fase IV dari demam berdarah dengue ini seringkali kita menyebutnya dengan fase syok (disebut juga dengue syok syndrome/DSS), penderita syok dalam dengan kesadaran sangat menurun sampai dengan koma, tangan dan kaki dingin serta pucat, nadi teraba sangat lemah sampai tidak teraba, tekanan nadi tidak dapat terukur.

Sedangkan fase demam berdarah menurut WHO adalah sebagai berikut :
Fase Demam Tinggi (Febris).
Pada fase demam berdarah yang pertama ini terjadi pada hari ke 1 - 3 dan ditandai dengan demam yang mendadak tinggi disertai sakit kepala, badan terasa ngilu dan nyeri, mual. Seringkali disertai dengan bintik merah di kulit yang tidak hilang saat kulit diregangkan. Pada beberapa kasus yang terjadi, bahkan ditemukan adanya nyeri tenggorokan, infeksi pada farings (tenggorokan) dan juga pada konjungtiva (selaput yang melindungi kornea mata), anoreksia, mual dan muntah.

Fase Kritis.
Pada fase kedua demam berdarah ini terjadi pada hari ke 4 - 5. Fase ini ditandai dengan demam yang mulai menurun disertai dengan penurunan kadar trombosit dalam darah dan fase ini seringkali mengecohkan karena seolah-olah demamnya turun dan penyakitnya sembuh. Namun inilah yang disebut Fase Kritis Demam Berdarah dan kemungkinan terjadinya Dengue Shock Sindrome DSS. Pada fase ini dapat terjadi pendarahan hidung, mulut, kulit pucat dan dingin, serta terjadi penurunan kesadaran.

Fase Penyembuhan (Pemulihan).
Pada fase ini terjadi pada hari ke 6 - 7. Dalam fase penyembuhan ini keadaan umum dari penderita mulai membaik. Keadaan umum penderita membaik, nafsu makan pulih kembali , hemodinamik (peredaran darah) stabil dan diuresis (frekuensi kencing) membaik dan akan kembali normal. Dan pada saat ini akan jauh lebih baik bila penderita diberikan gizi yang baik untuk meningkatkan keadaannya serta juga meningkat kadar daripada trombositnya.

Kita harus benar-benar waspada terhadap penyakit demam berdarah ini karena bila biarkan dan tidak segera mendapatkan pertolongan dan perawatan medis bisa menimbulkan kematian bagi para penderitanya. Tindakan dalam hal bidang kesehatan adalah mutlak diperlukan. Seperti halnya dengan mencegah demam berdarah dengue Pencegahan demam berdarah dapat kita lakukan dengan prinsip 3 M yaitu Menguras Menutup Mengubur

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Fase Penyakit Demam Berdarah

0 komentar:

Post a Comment