Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Pengertian Sehat

Pengertian Sehat Kesehatan serta sehat adalah hal yang senantiasa diinginkan setiap orang. Tentunya kita tidak mengingikan sakit bukan ? Pengertian sehat adalah dapat didefinisikan sebagai sehat tidak dapat diartikan sesuatu yang statis, menetap pada kondisi tertentu, tetapi sehat harus dipandang sesuatu fenomena yang dinamis.

Kesehatan adalah suatu spektrum merupakan suatu kondisi yang fleksibel antara badan dan mental yang dibedakan dalam rentang yang selalu berfluktuasi atau berayun mendekati dan menjauhi puncak kebahagiaan hidup dari keadaan sehat yang sempurna.

pengertian sehat, konsep sehat, Portal Kesehatan

Ada beberapa pengertian sehat dan diantaranya pengertian sehat menurut WHO adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan (WHO, 1947). Dan beberapa pengertian sehat lagi yaitu :
  1. Sehat adalah perwujudan individu yang diperoleh melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain (aktualisasi). Perilaku yang sesuai dengan tujuan, perawatan diri yang kompeten sedangkan penyesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan integritas struktural. ( Menurut Pender, 1982 )
  2. Sehat / kesehatan adalah suatu keadaan sejahtera dari badan (jasmani), jiwa (rohani) dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.( Menurut UU N0. 23/1992 tentang kesehatan)
  3. Sehat adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri (self care Resouces) yang menjamin tindakan untuk perawatan diri ( self care actions) secara adekuat. Self care Resouces : mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. Self care Actions merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukan untuk memperoleh, mempertahankan dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual. (Menurut Paune, 1983)

Demikian beberapa pengertian dan juga konsep sehat diantara beberapa pengertian sehat di atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Pengertian Sehat

5 komentar:

  1. Kunjungan silaturahmi saudaraku...Blognya baru yah sahabat, semoga sukses dalam mengawali dunia blogsphre ini saudaraku

    ReplyDelete
  2. Artikel yang baik sobat untuk pembukaan sebuah blog yang bertemakan kesehatan ini.
    Mohon ijin tuk menulis ulang postingannya ya sobat

    ReplyDelete
  3. Ini postingannya sobat tentang hal di atas,
    Salam kenal buat adminnya

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sobat-sobat atas komentarnya

    ReplyDelete