Portal Kesehatan

Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Pemeriksaan Pap Smear

Pemeriksaan Pap Smear - Pemeriksaan Pap Smear Pemeriksaan kesehatan wanita dengan mengambil sedikit lendir leher rahim melalui proses tertentu serta pemeriksaan dibawah mikroskop akan diperiksa perubahan sel-sel permukaan leher rahim. Demikian yang dimaksud dengan pengertian Tes pemeriksaan Pap Smear. Test Pap smear adalah suatu metode skrining ginekologi yang di cetuskan oleh Papanikolou, yang mana bertujuan untuk mendeteksi kanker mulut rahim yang di sebabkan oleh Human Papiloma Virus ( HPV ), sehingga kanker mulut rahim bisa dideteksi sedini mungkin sebelum berkelanjutan.

Pemeriksaan Pap Smear juga adalah salah satu cara di bidang kesehatan untuk mendeteksi kanker leher rahim secara dini. Sehingga hal ini masuk juga dalam hal pencegahan dini. Dan ada juga kategori wanita yang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan tes pap smear ini sendiri. Kategorinya adalah wanita yang telah menikah dan juga wanita yang telah melakukan hubungan seksual. Cara pemeriksaan pap smear secara sederhanya yaitu dilakukan dengan cara memasukkan alat (spekulum) ke dalam vagina pasien, kemudian akan di ambil sample sel dengan menggunakan spatula kayu atau plastik. Kemudian sample sel tersebut akan di periksa di laboratorium.

Pemeriksaan Pap Smear

Seperti telah diterangkan di atas tujuan tes pap smear ini adalah mengetahui atau pun mendeteksi adanya kanker leher rahim / kanker mulut rahim. Kanker mulut rahim ini merupakan jenis kanker yang sering terjadi pada wanita, juga merupakan penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita. Tetapi kanker leher rahim stadium dini yang cepat ditangani dapat sembuh 100%. Artinya, semakin dini penyakit kanker diketahui maka semakin mudah menanganinya. Waktu yang tepat untuk melakukan tes Pap Smear adalah setiap saat di luar masa haid secara teratur. Lalu kapan dan siapa yang perlu pemeriksaan Pap Smear ini. Yang perlu memeriksakan kesehatan yang berhubungan dengan Pap Smear ini adalah wanita yang sudah melakukan hubungan seksual dan berusia lebih dari 18 tahun sebaiknya melakukan pemeriksaan ini tiap tahun. Atau bila hasil pemeriksaan normal, boleh dilakukan 2- 3 tahun sekali sesuai dengan petunjuk dokter.

Tes Pap Smear ini adalah pemeriksaan untuk kesehatan wanita dan erat hubungannya dengan aktifitas seksual itu sendiri. Maka ada beberapa faktor resiko yang perlu diperiksa dengan pap smear ini.

Faktor resiko bagi wanita untuk membutuhkan pemeriksaan pap smear ini adalah diantaranya :
  • Mempunyai aktifitas seksual pada saat remaja.
  • Saat akan diperiksa mempunyai riwayat hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda.
  • Mempunyai riwayat penyakit menular seksual.
  • Keluarga mempunyai riwayat penyakit kanker serviks.
  • Adanya infeksi human papilloma virus (HPV).
  • Sebagai perokok baik aktif maupun pasif, zat nikotin serta “racun” lain yang masuk ke dalam darah melalui asap rokok mampu meningkatkan kemungkinan terjadinya kondisi cervical neoplasia atau tumbuhnya sel-sel abnormal pada rahim.
Manfaat tujuan pemeriksaan pap smear adalah mendeteksi beberapa kelainan diantaranya yaitu :
  • Infeksi kuman, jamur, parasit maupun virus
  • Berbagai tingkatan perubahan sel pra kanker
  • Sel Kanker Leher Rahim


0 Komentar untuk "Pemeriksaan Pap Smear"

 
Copyright © 2013 - 2014 Portal Kesehatan - All Rights Reserved
Template By Catatan Info