Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Penyakit Asma

Penyakit Asma Bronkial. Asma merupakan penyakit saluran pernafasan yang menjadi masalah di seluruh dunia baik di negara maju atau pun di negara berkembang.Di Indonenesia sendiri perhatian masyarakat terhadap asma mulai merebak sejak dua dasa warsa terakhir. Karena ternyata kejadian asma semakin menonjol. Penyakit asma ini dapat mengenai segala umur, baik laki-laki maupun perempuan. Saat ini di dunia sudah lebih dari 12 juta orang terserang asma dan sekitar 2,7 orang adalah anak di bawah umur. Meskipun angka kematian karena asma rendah.

Pengertian Penyakit Asma.
Yang dimaksud dengan penyakit asma adalah merupakan penyakit kronik saluran nafas, dimana terjadi peradangan, penyempitan dan penyumbatan pada saluran nafas, sehingga menyebabkan kesulitan nafas. Gejala khas adalah sesak nafas, batuk, dan mengi ( Nafas berbunyi :"ngik-ngik"). Demikian yang dimaksud dengan pengertian penyakit asma.

penyakit asma, pengobatan penyakit asma, Portal Kesehatan

Pada penderita asma, mukosa (lapisan dalam saluran nafas) pada bronchus dan bronchiolus mengalami inflamasi/peradangan kronik sehingga menjadi sangat sensitif terhadap partikel asing yang dapat menimbulkan reaksi berupa :
  1. Pembengkakan saluran nafas
  2. Produksi lendir yang berlebihhan.
  3. Pengencangan otot-otot saluran nafas.
Reaksi tersebut menyebabkan terjadinya penyempitan saluran nafas sehingga udara yang mengandung oksigen sulit masuk kedalam paru-paru dan penderita sulit bernafas serta sesak.

Beberapa pemicu terjadinya serangan asma diantaranya yaitu :
  1. Infeksi saluran nafas : Flu, adanya bakteri/virus, bronchitis, tonsilitis (radang amandel)
  2. Adanya iritan / zat yang dapat menyebabkan iritasi : asap rokok,polusi udara, parfum, zat kimia lain (cat, cairan pembersiah dll ).
  3. Adanya alergen /zat yang dapat menyebabkan alergi : (Bulu binatang,serbuk bunga,debu dll)
  4. Cuaca : Dingin, kelembaban tinggi atau terlalu rendah.
Pengobatan Asma
Terapi serta pengobatan penyakit asma bronkial ini tidak hanya ditujukan untuk meredakan gejalanya saja, tetapi lebih ditujukan untuk membuat asma terkontrol. Penyakit asm ayang terkontrol mengandung arti :
  1. Tidak sering kambuh.
  2. Tidak ada gejala asma.
  3. Tidak mengganggu aktifitas.
  4. Fungsi paru tidak terganggu atau menurun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Penyakit Asma

2 komentar:

  1. weeeh,,, serem juga ya
    nice info sob
    jadi tau nih tentang penyakit asam

    ReplyDelete