Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Kopi Dan Kesehatan Jantung

Benarkah konsumsi minum kopi dapat menyebabkan gangguan kesehatan jantung? Berdasarkan riset dan penelitian terbaru justru minum kopi dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit serangan jantung itu sendiri.

Riset di Harvard yang melibatkan 45.000 pria sehat, tergabung dalam Health Professionals Foolow-Up Study yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1990, menemukan bahwa minum kopi tidak berpengaruh pada risiko serangan jantung atau stroke.

Kopi Dan Kesehatan Jantung

Sedangkan sebuah temuan yang lebih baru di Jepang (81.000 pria dan wanita), yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiologi and Community Health menunjukkan bahwa minum satu atau dua cangkir kopi per hari dikaitkan dengan pengurangan resiko kematian akibat penyakit jantung sampai 23 persen .

Baca juga : Tips Cara Menjaga Kesehatan Jantung.

Studi lainnya pada tahun 2008 di Spanyol, yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine, melibatkan 129.000 pria dan wanita lebih dari dua dekade menemukan, wanita yang minum empat sampai lima cangkir per hari 34 persen memiliki risiko lebih kecil untuk meninggal karena penyakit jantung, sedangkan pria yang mengonsumsi lebih dari lima cangkir sehari, 44 persen memiliki risiko lebih kecil meninggal akibat penyakit jantung.

Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti di Fakultas Kesehatan Chan, Universitas Harvard yang dipublikasikan dalam edisi terakhir journal Circulation menunjukan konsumsi kopi dalam jumlah moderat dapat mengurangi resiko kematian dari penyakit kardiovaskuler, diabetes, penyakit syaraf seperti Parkinson dan kematian akibat bunuh diri.

Riset ini membandingkan orang-orang yang tidak mengkonsumsi kopi, atau minum kopi tapi dalam jumlah kurang dari 2 cangkir sehari dengan mereka yang mengaku minum kopi dalam jumlah yang 'moderat' hingga lebih dari 5 cangkir sehari.

Penelitian ini tidak membuktikan adanya sebab-akibat dari mengkonsumsi kopi dan juga fungsi kopi dalam mengurangi kemungkinan menderita penyakit tertentu. Namun demikian peneliti menemukan keterkaitan yang jelas kalau kopi dapat menekan resiko kematian terhadap penyakit tertentu.

Manfaat Minum Kopi


Penelitian - penelitian terbaru yang terus dilakukan menunjukkan bukti ilmiah yang membawa kabar baik bagi para penggemar dan pecinta kopi, bahwa kopi juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia, dengan rutin mengkonsumsi kopi maka kesehatan akan lebih terjaga.

Berikut beberapa manfaat khasiat minum kopi bagi kesehatan antara lain :
  1. Kopi merupakan sumber antioksidan yang menyehatkan.
  2. Kafein memberikan dorongan memori jangka pendek.
  3. Kopi dapat membantu melindungi terhadap penurunan kognitif.
  4. Kopi sehat bagi jantung.
  5. Kopi dapat membantu mengekang kanker tertentu.
  6. Kopi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.
Kopi berkafein mungkin tidak cocok bagi beberapa orang, terutama mereka yang berusia lanjut, yang tidak mampu memetabolisme kafein secara efektif dan tidak mentolerir kopi dengan baik. Dalam beberapa kondisi, hal ini juga mungkin memperburuk kondisi yang sudah ada seperti mulas, migren, irama jantung abnormal dan insomnia.

Pada dasarnya, minum kopi tidak berbahaya asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. Ada cara lebih baik untuk mengurangi penyakit jantung dan stroke, seperti menghentikan kebiasaan merokok, pengurangan diet Kolesterol dan olahraga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Kopi Dan Kesehatan Jantung

0 komentar:

Post a Comment