Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Dampak Akibat Begadang Bagi Kesehatan

Masalah kesehatan akibat kurang tidur dan sering begadang bagi kesehatan tubuh memang tidak boleh dianggap sepele oleh kita semuanya. Kebiasaan begadang malam akan cepat dan lambat mempengaruhi kesehatan kita semuanya. Untuk itulah mengerti akan dampak negatif begadang kurang tidur untuk kesehatan perlu untuk kita ketahui bersama.

Begadang bisa jadi sebuah kewajiban contohnya bagi para pekerja shift malam, atau kebutuhan sosial bagi para sosialita yang ingin bergaul. Banyak orang yang masih sangat sibuk dan aktif di malam hari, hingga mereka tak punya cukup waktu tidur karena esok paginya harus menjalani rutinitas lagi.

Kebanyakan orang merasa nyaman menjalani pola hidup semacam ini tanpa memahami efek negatif yang bisa disebabkan kebiasaan begadang pada kesehatan mereka. Kurang tidur tak hanya bisa merusak sel otak, melainkan juga memicu banyaknya masalah kesehatan.

Akibat Masalah Kesehatan Karena Sering Begadang Malam


Berikut beberapa pengaruh dan dampak negatif sering begadang malam terhadap kesehatan tubuh serta juga jenis macam penyakit akibat sering begadang seperti yang dilansir dari Boldsky antara lain adalah sebagai berikut :

Sistem Kekebalan Tubuh Menjadi Rendah

Baik disadari atau tidak akibat sering begadang tak hanya merusak sel otak melainkan juga menghancurkan sel darah putih yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Itulah mengapa sering tidur larut malam akan melemahkan imunitas tubuh dan membuat orang yang kurang tidur di malam hari akan lebih mudah terserang penyakit daripada yang tidak.

Dampak Akibat Begadang Bagi Kesehatan

Obesitas Kegemukan

Tidur kurang dari enam jam semalam akan mengganggu metabolisme tubuh. Akibatnya, tubuh akan lebih cepat menyimpan lemak dan membuat orang cepat gemuk.

Selain itu, orang yang seringkali terjaga sampai malam biasanya suka mengonsumsi makanan yang kaya lemak, sehingga membuat mereka lebih cepat bertambah berat badan.

Penyakit Jantung
Kebiasaan tidur terlalu malam akan membuat orang lebih rentan terkena penyakit jantung. Saat ini penyakit jantung seringkali dipicu oleh kurang tidur.

Diabetes Kencing Manis

Tidur larut malam akan mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Ini bisa memicu intoleransi glukosa yang berkaitan dengan produksi insulin dalam tubuh.

Jika hal ini diteruskan dan dilakukan dalam jangka waktu yang lama bukan tak mungkin orang yang suka tidur larut malam akan lebih rentan terkena diabetes. Untuk itu kenali akan Tanda Gejala Diabetes Mellitus DM yang mungkin terjadi.

Sakit Kepala

Sering merasa tak nyaman pada bagian kepala saat bangun terlalu siang dan tidur malam? Ini adalah salah satu akibat dari kurang tidur akibat banyak begadang.

Sedikit demi sedikit bagian sel otak akan mengalami masalah karena Anda tak cukup istirahat. Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkap bahwa kurang tidur memiliki efek seperti benturan pada kepala.

Melemahkan Saraf
Kurang tidur dan tidur di jam-jam yang tak wajar akan mempengaruhi sistem saraf pusat. Akibatnya, sistem saraf akan semakin lemah, begitu juga refleks Anda.

Tak hanya itu, penelitian juga mengungkap bahwa jika begadang dijadikan pola hidup rutin, lama-kelamaan efeknya akan menumpuk dan bisa mengurangi harapan hidup Anda.

Penyakit Akibat Sering Begadang

Penelitian terbaru, baru saja menambahkan kerugian dari orang yang sulit tidur di malam hari dan sering terjaga, yakni kekhawatiran atau paranoia berlebihan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh psikologis Jacob A. Nota tersebut, semakin larut seseorang tidur di malam hari, maka lebih berpotensi untuk merasa lebih khawatir sepanjang hari.

Survei yang dilakukan terhadap 100 mahasiswa ini, mempelajari mengenai kebiasaan tidur masing-masing responden. Hasilnya, mahasiswa yang sering begadang, dari rentang waktu tidur sampai dengan jam lima pagi, mengalami pikiran negatif yang lebih tinggi, dan sering muncul berulang-ulang kali.

Namun, belum jelas mengenai alasan yang mendasari hubungan antara kebiasaan begadang dan peningkatan rasa khawatir. Ini bisa juga karena kualitas tidur yang buruk, kualitas pribadi seseorang, atau kekhawatiran menjadi hal yang membuat seseorang jadi sulit tidur, para peneliti mengatakan hingga sekarang belum menemukan dengan jelas.

Sementara itu, pandangan umum di lingkungan sosial mengatakan, Tidur Berkualitas dan cukup dapat mengembalikan stamina dan menstimulasi pikiran agar lebih positif. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba tidur lebih awal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Dampak Akibat Begadang Bagi Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment