Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Bahaya Efek Samping Minuman Bersoda

Bahaya minum soda berlebihan bagi kesehatan tubuh ternyata tidak sedikit jumlahnya. Pada dasarnya sesuatu yang digunakan dan dimanfaatkan secara berlebihan tentunya akan memberikan dampak efek yang kurang baik. Termasuk dalam hal ini efek negatif minuman bersoda bagi tubuh.

Kandungan zat berbahaya pada minuman bersoda juga perlu untuk diketahui dan dipahami dalam rangka untuk menjaga kesehatan dan tidak mengkonsumsi minuman soda ini secara berlebihan.

Mungkin sekarang banyak yang tidak peduli terhadap dampak dari minuman ini. Padahal, selain membuat orang ketagihan, minuman bersoda ini juga memiliki efek buruk. Orang yang sudah kecanduan, mereka akan minum soda hampir setiap hari dan bahkan beberapa kali dalam sehari.

Kandungan Zat Tambahan Pada Minuman Bersoda Yang Berbahaya Bagi Kesehatan


Minuman bersoda seolah hampir seperti kebutuhan, ketersediaannya yang sudah tersebar dimana-mana ia mudah didapatkan . Namun dibalik rasa segar minuman bersoda, ternyata banyak memberikan efek negatif , bahkan berbahaya bagi kesehatan.

Padahal sebenarnya, rasa segar yang didapatkan terasa hanya sesaat saja, yang kemudian kita segera merasa haus lagi

Kandungan berbagai zat tambahan di dalam berbagai macam jenis minuman soda ini termasuk di dalamnya adalah penambah rasa, zat pewarna, zat tambahan asam, agen pembentuk busa, serta zat pengawet di dalamnya tidak baik bagi kesehatan.

Bahaya Efek Samping Minuman Bersoda

Minum sekaleng soda saja sehari dinyatakan bisa meningkatkan risiko sindrom metabolik hingga 48 persen. Sindrom metabolik merupakan serangkaian faktor risiko penyakit jantung dan diabetes.

Namun kini ada satu lagi efek negatif minuman bersoda bagi tubuh anda. Sebuah penelitian terbaru seperti informasi yang dikutip dari jpnn.com menemukan bahwa minuman bersoda dapat mempercepat penuaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum dua kaleng cola sehari memiliki perubahan DNA sel 4,6 tahun lebih tua.

Efek Bahaya Minum Soda Bagi Kesehatan

Efek Bahaya Minum Soda Bagi Kesehatan


Berikut ini adalah beberapa efek buruk soda bagi kesehatan seperti yang dilansir dari detikhealth.com antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Soda tidak punya nilai gizi selain kandungan kalori dan gulanya yang tinggi. Jadi tidak heran jika kebanyakan penyuka soda akan mengalami kenaikan berat badan dan cenderung obesitas. Sebagian besar minuman soda mengandung 250 kalori per 600 ml. Tak ada kandungan nutrisi atau mineral di dalamnya, melainkan hanya gula dan kafein.
  2. Soda bersifat diuretik yang meningkatkan produksi urine. Sifat diuretik ini membuat air di dalam tubuh lebih banyak yang keluar melalui urine, jika tak diimbangi dengan minum air putih bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi.
  3. Kandungan asam fosfor dalam minuman soda yang menimbulkan sensasi kesegaran atau gelembung-gelembung udara ternyata dapat mengerogoti tulang. Jika minuman soda terus menerus dikonsumsi, maka semakin lama tulang akan makin rapuh dan berbentuk seperti pori-pori yang bolong-bolong. Kepadatan tulang yang berkurang akan memicu risiko radang sendi dan osteoporosis.
  4. Kandungan asam soda bisa merusak gigi. Minuman soda bisa merusak gigi karena mengandung kadar gula yang tinggi. Komponen asam soda memiliki efek merusak pada email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan.
  5. Minum soda dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan erosi pada lapisan lambung yang mengakibatkan perut sering mulas, bergas dan masalah pencernaan lainnya.
  6. Kandungan Natrium pada pada soda tidak baik untuk kesehatan jantung. Bukti dari studi penelitian ini menunjukkan bahwa terlalu banyak minum soda dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan hati juga.
  7. Minuman soda yang dikonsumsi secara terus menerus juga bisa menimbulkan risiko kesehatan lain seperti diabetes tipe 2 akibat kandungan gulanya yang tinggi, memberikan efek dari kafein yang dikandung seperti insomnia, tekanan darah tinggi dan detak jantung yang tidak beraturan.
Dalam penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan, bahaya minuman bersoda memang tidak bisa terlihat secara langsung. Kandungan zat berbahaya yang ada di dalamnya akan mengakibatkan kerusakan organ tubuh pada jangka waktu lama.

Sedangkan bahaya minuman bersoda untuk ibu hamil adalah resiko bayi lahir dalam keadaan cacat sampai kematian janin. Hal ini bisa saja muncul jika wanita yang sedang hamil meminumnya secara rutin dan berlebih sehingga terjadi penumpukan racun.

Yang harus kita cermati adalah bahwasannya minuman bersoda berbeda dengan soft drink atau minuman ringan yang memiliki manfaat vitamin serta mineral lain untuk tubuh.

Sedangkan minuman yang paling direkomendasikan oleh ahli kesehatan adalah air putih. Dengan meminum minimal 8 gelas air putih sehari, tubuh akan tetap sehat dan fit serta dapat bekerja secara optimal karena tidak kekurangan cairan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Bahaya Efek Samping Minuman Bersoda

0 komentar:

Post a Comment