Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Tips Kiat Puasa Sehat

Tips makan sehat selama puasa Ramadhan adalah merupakan hal yang perlu untuk diketahui dan dipahami dengan baik dan benar agar nantinya tujuan dan manfaat puasa Ramadhan untuk mencapai takwa dan juga kesehatan akan bisa tercapai dengan baik. Karena memang bagian Tujuan Manfaat Puasa Bagi Kesehatan adalah merupakan salah satu bukti kebenaran isi syariat dan ajaran agama Islam itu sendiri.

Kewajiban berpuasa Ramadhan adalah tercantum di dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah 183 yang artinya :""Wahai orang-orang yang beriman ! Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu, supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa."

Puasa bagi muslim wajib hukumnya. Berpuasa dapat memberikan efek positif bagi kesehatan. Tetapi untuk bisa mencapai kesempurnaan di dalam puasa dibutuhkan akan niat yang tulus ikhlas mencari Ridho Allah dan juga kondisi tubuh badan yang fit sehat dan bugar yang akan mendukung secara fisik terhadap pelaksanaan ibadah puasa itu sendiri.

Tips Kiat Cara Puasa Sehat

Berbuka Dan Bersahur Yang Sehat


Pada umumnya kita kebanyakan manusia ketika dan juga di saat menjalankan ibadah puasa banyak dijadikan alasan untuk tidak bekerja secara maksimal karena lemas, lesu, mengantuk dan sebagainya sehingga berakibat terhadap menurunnya produktivitas kerja sehari-hari.

Di dalam sunnah Nabi Rasulullah Muhammad SAW juga dicontohkan mengenai sunnah dan kebaikan keberkahan di dalam menyegerakan berbuka puasa serta juga mengakhirkan waktu makan sahur. Dan di dalam kedua waktu tersebut lah kita harus menjaga akan porsi makan kita dan juga mengatur menu komposisi kandungan zat makanan bergizi dan bernutrisi pula.

Kondisi itu karena timbul akibat perilaku yang tidak sehat yang dilakukan tanpa sadar dan menjadi kebiasaan selama berpuasa, seperti kebiasaan makan sahur yang banyak, makan yang berlebihan pada saat berbuka, kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran, tidur seharian sampai tidak berolahraga.

Untuk menghindari kebiasaan kurang sehat tersebut, perlu pengaturan makan dan minum pada saat sahur atau berbuka puasa, agar tubuh kita tetap sehat dan segar sepanjang hari selama berpuasa di bulan ramadhan selama 1 bulan penuh ini. Jangan sampai berbuka puasa berlebihan dan bersantap sahur juga berlebihan.

Tips khusus saat sahur dan berbuka puasa agar tubuh kita tetap sehat dan segar selama bulan puasa sehingga terhindar dari kebiasaan yang kurang sehat antara lain adalah sebagai berikut :

Tips Makan Sahur Yang Sehat antara lain :
Konsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa. Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. karena di saat berpuasa bahan makanan penghasil energi utama seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein yang masuk ke tubuh kita relatif tidak sebanyak pada hari-hari biasa pada umumnya.

Agar mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.

Jangan lupakan pula untuk konsumsi air minum putih dalam rangka untuk mencegah dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari pula. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di luar ruangan atau ruang ber-AC.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat dan juga makanan yang mengandung protein, sebaiknya juga disediakan jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta makanan tambahan agar tubuh tetap segar bugar sepanjang hari.

Bagi penderita sakit lambung (maag) makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.

Cara Berbuka Yang Sehat

Ketika berpuasa, tubuh kita memerlukan akan nutrisi dan gizi yang cukup agar mampu menjalani aktivitas sehari-hari. Jadi sebaiknya untuk bisa mengikuti tips makan sehat selama puasa Ramadan khususnya ketika sedang berbuka puasa. kebaikan dalam menyegerakan berbuka juga akan dapat kita raih dengan baik pula.

Jangan langsung minum air dingin atau es, sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Sunnah nabi Rasulullah adalah berbuka dengan yang manis atau pun dengan buah kurma. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila kit langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.

Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak kaget dengan adanya pemenuhan makanan yang tiba tiba dan dalam jumlah yang banyak. Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat karena lambung membutuhkan ruangan kosong untuk mencerna makanan. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Tips Kiat Puasa Sehat

0 komentar:

Post a Comment