Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Manfaat Sarapan Pagi

Sarapan pagi bagi sebagian besar orang yang kehidupannya di kota-kota besar dengan tingkat aktifitas kerja yang begitu padat kadangkala dilupakan. Apalagi bila nantinya berhadapan dengan kepadatan dan kemacetan lalu lintas pagi menjelang masuk kerja. Sehingga menjalankan aktifitas makan pagi jarang untuk dilakukan. Padahal banyak manfaat sarapan pagi untuk kesehatan serta kebugaran tubuh dan mental kita dalam menghadapi setumpuk rutinitas dan pekerjaan sehari-hari.

Alasan tidak makan dan sarapan pagi juga beragam, selain karena dikejar waktu, macet di jalan bila terlambat pergi kerja atau pun yang lainnya seharusnya tidak melupakan akan esensi penting dari makan pagi bagi kesehatan. Karena banyak kegunaan fungsi sarapan pagi ini untuk kesehatan kita juga.

Sarapan pagi membantu memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mensuplai nutrisi gizi bagi tubuh. Apalagi bagi otak kita salah satunya, sesudah tidur malam selama 8 sampai 10 jam. Dan sarapan ini akan dapat mengisi kembali keperluan nutrisi yang habis sewaktu menjalankan aktifitas istirahat tidur malam kita. Untuk itu kita juga membutuhkan akan menu sarapan sehat yang bisa menunjang akan aktifitas kita sehari-hari.

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Secara ilmu kesehatan bahwa sepanjang kita istirahat tidur, maka otak akan mengonsumsi cadangan glukosa serta glikogen yang tersimpan didalam tubuh untuk bekerja mengontrol organ lain. Jika sesudah bangun, dua nutrisi yang terdapat didalam karbohidrat itutersebut di atas tidak segera terisi kembali, otak dapat mengambil cadangan lemak serta protein selama hari. Maka untuk menggantinya salah satunya dengan kita sarapan pagi.

Berikut beberapa manfaat sarapan pagi bagi kesehatan yaitu :
1. Memberikan Suplay Energi.
Kita tahu bahwa waktu pagi adalah waktunya kita memulai aktifitas kita sehari-hari. Baik itu terkait dengan urusan pekerjaan atau pun urusan lainnya. Nah sarapan pagi ini akan memberikan manfaatnya yaitu memberikan kita sumber energi dalam kita menjalankan aktifitas kita tersebut.

2. Mencegah Timbulnya Penyakit Lambung (Maag).
Bila kita telah mempunyai riwayat penyakit maag, maka jangan sampai kita melupakan makan pagi ini. Karena perut kosong akan merangsang peningkatan asam lambuh yang berakibat timbulnya dan kambuhnya penyakit maag yang kita derita. Bila tidak sempat sarapan pagi karena berbagai hal, hal ini bisa kita modifikasi dengan memakan roti yang mudah kita bawa ketika berangkat kerja. yang penting jangan lupakan sarapan pagi.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Stres.
Penelitian telah banyak membuktikan bahwa karyawan atau seseorang yang bekerja yang tidak sempat untuk menjalankan aktifitas sarapan pagi akan lebih cenderung rentan untuk mengalami stres. Sebaliknya, mereka yang menyempatkan diri untuk sarapan cenderung akan lebih siap dalam menjalankan pekerjaan serta lebih menikmati pekerjaannya tersebut.

4. Menghindari Makan Yang Berlebihan.
Sarapan pagi akan membantu kita untuk terhindar dari rasa lapar yang berlebihan. Jika tidak makan pagi, maka hal yang bisa terjadi adalah rasa lapar yang hal ini akan bisa mengakibatkan porsi makan siang kita nantinya lebih banyak dan mengkonsumsi berbagai jenis macam cemilan. Dari camilan-camilan yang banyak mengandung kalori berlebihan inilah yang dapat menyebabkan kegemukan dan itu kurang baik buat kesehatan kita sendiri.

Demikian beberapa faedah dari sarapan pagi yang bisa kita peroleh. Selain itu ada beberapa akibat tidak sarapan pagi yang bisa kita dapatkan yaitu :
  1. Tidak dapat melakukan aktifitas kegiatan serta pekerjaan di pagi hari dengan optimal.
  2. Tubuh kita akan cepat terasa lemah , hal ini disebabkan kekurangan zat gizi yang diperlukan untuk tenaga energi.
  3. Bagi para anak sekolah pelajar akan bisa berdampak akan malas dan tidak dapat berpikir dan berkonsentrasi dengan baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Manfaat Sarapan Pagi

1 komentar:

  1. sarapan pagi satu kemestian walaupun hanya minum segelas air kosong.

    ReplyDelete