Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Jenis Macam Kecerdasan

Mempunyai anak yang cerdas tentunya menjadi impian bagi setiap orang tua. Beragam macam cara dilakukan untuk menstimulasi berbagai jenis kecerdasan anak dilakukan oleh para orang tua. Dari mulai memberikan les privat ataupun memberikan mendatangkan guru untuk melatih dan mengajarkan akan banyak pengetahuan dan ilmu untuk anak-anaknya.

Ketika kita orang tua menginginkan anaknya menjadi anak yang cerdas dalam berbagai bidang, kita juga perlu mengetahui dan juga mengenali bakat anak. Karena dengan kita bisa mengenali bakat anak secara dini kita bisa mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan kecerdasan yang dimilikinya agar sesuai dengan bidang yang disukainya tersebut.

Macam kecerdasan anak, jenis kecerdasan

Dasar yang harus dipahami oleh setiap orang tua adalah bahwa setiap diri anak akan membawa potensi kecerdasannya sendiri, sehingga hal ini akan berefek beberapa kecerdasan lebih menonjol daripada kecerdasan yang lainnya. Dan mengenali akan macam kecerdasan anak juga perlu kita miliki.

Berikut beberapa jenis kecerdasan anak yaitu :
  1. Kecerdasan Bahasa. Bagi seorang anak yang cerdas dalam hal bahasa akan mampu menggunakan kata-kata dengan bagus dan juga baik dalam hal berbicara atau pun melalui tulisan. Kemampuan berbicaranya akan akan lebih cepat daripada anak-anak yang seusia dengannya.
  2. Kecerdasan Logis Matematis. Macam kecerdasan anak ini berkaitan dengan kemampuan dalam mengolah hal-hal yang bersifat matematis dan juga hal yang ilmiah. Seorang anak yan lebih yang menonjol dalam bidang ini, biasanya akan lebih pintar dan cepat dalam hal berhitung dan matematika, lihai mengoperasikan komputer, suka dengan permainan sejenis teka-teki.
  3. Kecerdasan Kinestetik. Kecerdasan anak jenis yang satu ini ditunjukkan dengan anak-anak yang cerdas jasmani dan mempunyai kemampuan menggerakkan anggota badan dari mulai kepala sampai dengan kaki dengan baik. Kemampuan fisiknya akan berkembang lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Dengan kita mengenali akan jenis kecerdasan ini kita bisa menggunakan beberapa cara tips meningkatkan kecerdasan anak pula.
  4. Kecerdasan Musikal. Hal yang satu ini berkaitan erat dengan kemampuan anak dalam hal bermain alat musik maupun bertanya. Anak akan lebih banyak menunjukkan minat yang besar dan mudah menguasai berbagai macam jenis alat musik .
  5. Kecerdasan Visual Spasial. Bakat dalam hal ini berhubungan dengan visual dan juga ruangan. Anak biasanya akan mempunyai ketertarikan dan kemampuan yang lebih dalam berbagai macam permainan yang contohnya adalah permainan seperti pazel, membaca peta, membuat diagram dan lainnya. Dan ini termasuk dalam 8 jenis kecerdasan anak pula yang pelu kita mengenalinya.
  6. Kecerdasan Naturalis. Dalam hal ini, anak akan lebih mampu mengenal, mencintai, dan juga memelihara aneka bentuk, ragam yang ada di alam sekitar. Akan lebih terlihat setelah anak berusia 5 tahun ke atas karena anak akan lebih mampu mengeksplorasi lingkungan yang lebih luas. Dan hal ini juga masuk dalam tahap perkembangan anak yang baik.
  7. Kecerdasan Intrapersonal. Kecerdasan jenis ini berkaitan dengan pemahaman akan diri sendiri pada diri seorang anak. Biasanya akan terlihat dan dikenali dengan anak menunjukkan ketertarikan dan kemampuan dalam memahami diri sendiri, menghayati dan menghargai perasaan, ketakutan, harapan.
  8. Kecerdasan Interpersonal. Kecerdasan anak jenis ini berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan serta relasi dengan orang lain. Pada umumnya anak yang mempunyai jenis kecerdasan ini akan senang dalam hal permainan yang melibatkan banyak interaksi dengan orang lain bersosial, serta memahami perasaan dan pikiran orang lain (rasa empati).
Semoga dengan kita bisa mengetahui serta memahami akan beraneka macam jenis kecerdasan pada anak ini akan bisa membantu kita mengembangkan bakat dan kemampuan anak yang sesuai dengan kecerdasan yang banyak dimilikinya. Dan jangan lupa untuk memberikan pendidikan anak usia dini yang sekarang banyak didapatkan dalam sekitar lingkungan masyarakat kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Jenis Macam Kecerdasan

1 komentar:

  1. terima kasih perkongsiannya. mudahan ramai dapat manfaatnya dalam mengenalpasti dan mendidik anak2.

    ReplyDelete