Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Menerapkan Hidup Sehat

Menerapkan Hidup Sehat - Pola hidup sehat adalah segala aktifitas kehidupan kita dalam melaksanakan kehidupan sehat baik dari segi pola makan yang baik dan juga pola keseharian kita yang mencerminkan kehidupan sehat. Baik itu dalam aktifitas olahraga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan juga menghindarkan dari hal-hal yang bisa mendatangkan penyakit bagi tubuh kita. Demikian tadi kurang lebih pengertian pola hidup sehat.

Sebagai salah satu wujud kita dalam rangka mensyukuri nikmat sehat dari Allah Ta'ala adalah dengan menerapkan hidup sehat dalam kehidupan kita sehari-hari. Setelah kita mengetahui akan apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat maka pada kesempatan kali ini pula portal kesehatan akan mencoba sharing tentang bagaimana kita bisa menerapkan hidup sehat ini dalam berbagai segi kehidupan kita.

Menerapkan hidup sehat pada diri kita dan juga tentunya pada diri keluarga kita memang pada intinya kembali kepada kita sendiri. Maksudnya adalah kembali kepada keinginan kita untuk hidup sehat. Kita pastinya tahu bahwa merokok, meminum minuman keras beralkohol adalah tidak baik bagi kesehatan kita. Tetapi pada sebagian orang hal tersebut tetap dilakukan. Terlepas dari mengetahui atau pun pura-pura tidak mengetahuinya.

hidup sehat, Portal Kesehatan

Itulah yang dimaksud semuanya kembali kepada keinginan serta kesadaran kita untuk hidup sehat. Untuk itulah kita perlu membangkitkan kesadaran serta keinginan kita untuk bisa menerapkan hidup sehat ini. Karena toh semua manfaat sehat tersebut akan kembali kepada diri kita sendiri.

Berikut beberapa hal yang yang dapat kita lakukan dalam rangka menerapkan hidup sehat bagi kita semuanya :
  1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Konsumsi makanan yang sehat diantaranya yaitu dengan memperbanyak sayuran hijau, buah-buahan dan menghindari makanan cepat saji. Dalam era sekarang ini makanan cepat saji tentunya bertebaran dimana-mana. Dan kita harus benar-benar selektif dalam memilihnya. Menghindari makanan yang berkolesterol tinggi juga baik untuk kesehatan kita terutama kepada kesehatan jantung kita.
  2. Berolahraga. Melakukan aktifitas olahraga adalah salah satu cara serta jalan kita untuk bisa menerapkan hidup sehat bagi kita. Olahraga adalah jenis kegiatan yang seringkali kita lupakan atau remehkan. Terkadang karena sibuk dengan aktifitas pekerjaan kita, kesibukan pekerjaan kita dan alasan-alasan lainnya. Padahal olahraga yang ringan asalkan rutin akan banyak mendukung kesehatan kita dan juga termasuk dalam pola hidup sehat. Banyak manfaat yang kita peroleh dari olahraga, diantaranya yaitu mengurangi stress dan depresi, menjaga kebugaran tubuh, mengurangi faktor resiko diabetes melitus, menguatkan tulang-tulang, menurunkan tekanan darah tinggi.
  3. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Istirahat yang baik dan cukup baik dalam hal kualitas serta kuantitas maka hal tersebut akan sangat membantu dalam menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Dengan istirahat yang cukup pula akan memberikan waktu bagi tubuh kita yang lelah dalam menjalani aktifitas sehari-hari untuk memulihkan diri dan juga memberikan waktu bagi tubuh untuk menyusun energi untuk aktifitas kita berikutnya. Dengan kita beristirahat cukup berarti kita sudah melaksanakan hidup sehat walaupun dari sisi istirahat tidur kita.
  4. Menciptakan lingkungan yang sehat. Menerapkan hidup sehat dan juga melaksanakan hidup sehat juga bisa dengan cara kita menciptakan lingkungan yang sehat ini dan hal ini dimulai dari diri kita sendiri dan juga dari hal yang terkecil. Contohnya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Karena alam kita ini sudah terkotori dengan tangan-tangan manusia sendiri yang membuat polusi dan limbah-limbah yang tentunya membuat lingkungan kita menjadi tidak sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Menerapkan Hidup Sehat

3 komentar: