Kumpulan Pengetahuan Kesehatan

Tes CPNS Honorer K2 2013

Jadwal Tes CPNS Honorer Kategori 2 tahun 2013 ini akan dilaksanakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PAN-RB) pada bulan November ini. Hal ini diperjelas oleh pernyataan wakil Wakil Menteri PANRB Eko Prasojo menjawab pertanyaan jurnalis di kantor PANRB Jumat 6 September 2013 bahwasannya Ujian CPNS jalur Honorer Kategori II (K2) pada 3 November tahun 2013 mendatang adalah untuk terakhir kalinya.

Menurut Eko, Pengangkatan tenaga honorer kategori 2 (K-2) menjadi CPNS akan dilakukan dua tahap, yakni tahun 2013 dan 2014. Tahun ini kuota K2 yang akan diangkat CPNS sebanyak 109 ribu dari yang lulus tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB).

“Pelaksanaan tes hanya sekali, tetapi yang lulus diangkat tahun ini dan tahun depan. Selanjutnya tidak ada lagi cerita tentang honorer,” ujarnya dilansir situs resmi PANRB. Penegasan ini sekaligus meluruskan adanya berita yang beredar pada 2 September, yang menyatakan bahwa pengangkatan honorer K2 akan dilakukan secara terus menerus hingga semuanya habis.

Eko menambahkan, 109.000 orang itu akan diangkat menjadi CPNS bersama pelamar umum yang diterima. "Formasi untuk CPNS dari pelamar umum sebanyak 65 ribu. Untuk pusat 25 ribu, dan untuk daerah 40 ribu," tambahnya.

Penerimaan CPNS Honorer Kategori 2

Tenaga Honorer K1 adalah honorer yang gajinya didanai dari APBN dan APBD. Sedangkan kategori II adalah tenaga honorer K2 adalah honorer yang upahnya (gajinya) tidak bersumber dari APBN dan APBD. Masing-masing dari pembagian dan klasifikasi tenaga yang mengabdi dan honorer tersebut memiliki kesempatan untuk menjadi dan diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2013 ini. Dengan mengikuti tes CPNS Honorer K2 yang dipersiapkan oleh Pemerintah

Honorer K2 yang diangkat menjadi CPNS pada tahun ini adalah berjumlah sekitar 200.000 orang dari jumlah total keseluruhan jumlah tenaga honorer yang masuk dalam kategori dua ini 400 ribu honorer. Hal ini juga diungkapkan oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) Tasdik Kinanto dalam jumpa pers di kantornya, Selasa (17/9) yang dilansir dari www.jpnn.com.

"Kuota CPNS untuk honorer K2 yang kita siapkan hanya 30 persen, jadi 400-an ribu sudah pasti tidak bisa diangkat CPNS." "Tahun ini kita angkat 109 ribu honorer K2. Selebihnya kita angkat 2014, tapi itu bila yang lulus passing grade 200-an ribu ya," cetusnya lagi. Meski sudah ditetapkan kuota 30 persen, namun menurut Tasdik, tidak berarti harus terisi semua. Bila dalam TKD yang lolos passing grade kurang dari 30 persen, hanya itu yang diangkat.

Ditanya bagaimana nasib 400-an ribu honorer K2 yang gagal CPNS, Tasdik mengatakan, akan dibuatkan "rumah" untuk mereka. Di dalam RUU ASN, salah satu poinnya juga mengatur tentang nasib honorer yang gagal CPNS tapi punya kompetensi. "Kalau punya kompetensi dan masih dibutuhkan instansi masuk jadi PPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja)," tandasnya.

Dan berikut adalah pengumuman informasi mengenai jadwal seleksi penerimaan pendaftaran CPNS Honorer K2 tahun 2013 yang dilansir dan didapatkan dari website Sekretariat Kabinet RI http://setkab.go.id. Hal ini berdasarkan Surat Edaran Nomor: SE/10/M.PAN-RB/08/2013 tertanggal 21 Agustus 2013.

Berikut juga pemaparan dari Humas Kementrian PAN-RB yang memberitahukan bahwa dalam lampiran I Surat Edaran itu disebutkan, pada Minggu ke-4 (empat) Agustus sampai dengan Minggu ke-3 (tiga) September, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengirimkan listing Tenaga Honorer K2 ke-33 Provinsi di seluruh tanah air. Selanjutnya, masing-masing instansi (Kementerian/Lembaga, Provinsi, Kabupaten/Kota) pada bulan September akan menetapkan Tempat Tenaga Honorer K2, dimana tempat pendaftaran cpns honorer dan juga tes ini dipisahkan dengan tempat tes Pelamar Umum.

Pada minggu ke-2 (dua) sampai dengan minggu ke-3 (tiga) Oktober akan dilakukan pemberitahuan dan penyampaian Nomor Tes Tenaga Honorer K2. Selanjutnya, pada 3 November, akan dilaksanakan Ujian Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) oleh masing-masing instansi (K/L, Provinsi, Kabupaten/Kota). “Pengumuman Kelulusan CPNS Tenaga Honorer K2 akan dilakukan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) melalui website Menpan pada Minggu ke-1 (satu) Desember,” bunyi lampiran I Surat Edaran Menteri PAN-RB Azwar Abubakar itu. Kemudian, Pemberkasan dan Penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) akan dilakukan oleh masing-masing instansi (K/L, Provinsi, Kabupaten/Kota) mulai Minggu ke-3 (tiga) Desember sampai dengan selesai.

Untuk melihat secara lengkap jadwal tes cpns honorer k2 bulan november ini silakan rekan-rekan semuanya membacanya di artikel pengumuman berikut ini : Jadwal Tes CPNS Honorer K2 Tahun 2013.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Yuk DiShare
Label Info Portal :

Informasi Terkait : Tes CPNS Honorer K2 2013

0 komentar:

Post a Comment